<p>Sumber: cushtravel.com</p>

Honorable Mention Bikin Jakarta Makin Semangat Kembangkan Sistem Transportasi

  • JAKARTA – Lolos dalam tiga besar semi-final, akhirnya Jakarta berhasil raih Honorable Mention pada malam penganugerahan Sustainable Transportation Award (STA) 2020. Penghargaan tersebut diberikan oleh Komite Sustainable Award di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC, Selasa (14/1/2020). Bersama 12 nominasi dari berbagai negara lain, Jakarta bersanding dengan kota Richmond (Amerika Serikat), San Jose (Kosta […]

Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Lolos dalam tiga besar semi-final, akhirnya Jakarta berhasil raih Honorable Mention pada malam penganugerahan Sustainable Transportation Award (STA) 2020.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Komite Sustainable Award di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC, Selasa (14/1/2020). Bersama 12 nominasi dari berbagai negara lain, Jakarta bersanding dengan kota Richmond (Amerika Serikat), San Jose (Kosta Rika), Bogota (Kolombia), dan lain sebagainya.

Pencapaian Jakarta dalam menciptakan sistem transportasi berkelanjutan telah memberikan banyak perubahan positif, seperti kenaikan jumlah penumpang TransJakarta yang dinilai fantastis dan keberhasilannya mengintegrasikan sistem BRT dengan layanan mikrobus (angkot) dan MRT.

Di samping itu, perbaikan fasilitas bagi pejalan kaki juga dinilai telah mempermudah akses menuju stasiun dan halte angkutan umum. Dilansir dari Kompas (16/1/2020), Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda, Sri Haryati sebagai delegasi Pemerintah DKI Jakarta mengungkapkan, penghargaan tersebut merupakan hasil dari kolaborasi antara Pemerintah Provinsi, warga  Jakarta, serta pihak swasta.

Malam Penghargaan Sustainable Award 2020 adalah bagian dari “17th Annual Transforming Transportation Conference” di mana delegasi dari Pemerintah Jakarta berkesempatan untuk mempresentasikan perkembangan transportasi Jakarta.

Sustainable Transport Award

STA merupakan penghargaan yang diberikan terhadap kota yang dianggap telah berhasil mengimplementasikan proyek transportasi berkelanjutan yang setiap tahunnya senantiasa berinovasi.

Diungkapkan di laman resminya, staward.org, inovasi tersebut meliputi strategi dalam peningkatan mobilitas untuk pengguna, pengurangan emisi gas rumah kaca dan polusi udara, serta peningkatan keselamatan dan akses untuk pejalan kaki maupun pengendara sepeda.