<p>Perbaikan jaringan listrik PLN terdampak banjir / Dok. PLN Kalbar</p>
BisnisAsia

Hore, Diskon Listrik Diperpanjang Hingga Maret 2021

  • JAKARTA – Pemerintah memperpanjang stimulus keringanan tagihan listrik untuk periode Januari – Maret 2021. Kebijakan tersebut akan diberikan berupa diskon tarif listrik dan pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum, serta abonemen bagi pelanggan sosial, bisnis, industri, dan layanan khusus. “Total anggaran stimulus ini mencapai Rp4,57 triliun untuk 33,74 juta pelanggan,” ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian […]

BisnisAsia
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Pemerintah memperpanjang stimulus keringanan tagihan listrik untuk periode Januari – Maret 2021. Kebijakan tersebut akan diberikan berupa diskon tarif listrik dan pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum, serta abonemen bagi pelanggan sosial, bisnis, industri, dan layanan khusus.

“Total anggaran stimulus ini mencapai Rp4,57 triliun untuk 33,74 juta pelanggan,” ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Munir Ahmad dalam keterangan tertulis yang diterima TrenAsia.com, Senin, 25 Januari 2021.

Ia merinci, pada tahun lalu terdapat 23,67 juta pelanggan 450 VA dan 7,63 juta pelanggan bersubsidi 900 VA yang mendapatkan diskon tarif listrik. Selain itu, 628 ribu pelanggan merupakan konsumen bisnis kecil 450 VA, dan 335 pelanggan Industri 450 VA.

Sementara untuk mekanisme pemberian stimulus tahun ini, dikatakan sedikit berbeda dengan tahun lalu.

Direktur Bisnis dan Manajemen Niaga PT PLN (Persero) Bob Saril menyampaikan, pada 2020 untuk pelanggan pascabayar, semua pemakaian mendapat diskon 100% untuk 450 VA dan 50% untuk 900 VA subsidi. Namun, pada tahun ini diskon diberikan khusus untuk penggunaan nyala setara 720 jam.

“Untuk pemakaian di atas 720 jam akan dikenakan tarif normal subsidi,” kata Bob. Adapun relaksasi pelanggan tarif sosial, bisnis, dan industri tidak mengalami perubahan mekanisme.

Kemudian, jika pada tahun lalu pelangan prabayar 900 VA diberikan token gratis sebesar 50% atas konsumsi bulanan tertinggi Desember 2019 hingga Februari 2020, maka pada tahun ini diskon token yang diberikan sebesar 50% ketika transaksi pembelian.

“Keputusan yang berlaku hingga kuartal I-2021 ini masih dapat diperpanjang dengan melihat perkembangan situasi dan kondisi,” ungkapnya.