Tekno

Hore! Konsumen Kini Bisa Berbelanja di Toko Ritel Versi Metaverse, Dihadirkan oleh HIPPINDO dan WIR Group

  • Metaverse pun membuka potensi pengembangan layanan yang lebih luas bagi seluruh anggota HIPPINDO yang mencakup para pelaku usaha ritel dan penyewa yang memiliki gerai di pusat belanja, bandara, stasiun, pelabuhan, ruko, maupun area komersial lainnya di seluruh Indonesia.
Tekno
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT WIR Asia Tbk (WIRG) bekerja sama dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) untuk menghadirkan ekosistem berbasis ritel di realitas virtual metaverse.

Masuknya HIPPINDO ke platform metaverse yang diprakarsai oleh WIR Group diproyeksikan oleh kedua belah pihak akan memperkaya ekosistem ritel yang tumbuh secara dinamis di Indonesia.

Metaverse pun membuka potensi pengembangan layanan yang lebih luas bagi seluruh anggota HIPPINDO yang mencakup para pelaku usaha ritel dan penyewa yang memiliki gerai di pusat belanja, bandara, stasiun, pelabuhan, ruko, maupun area komersial lainnya di seluruh Indonesia.

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah mengatakan, pihaknya menyadari bahwa metaverse adalah keniscayaan di masa depan. Oleh karena itu, HIPPINDO pun berharap platform metaverse WIR Group dapat menghadirkan layanan terintegrasi yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota himpunan.

"Hal ini sejalan dengan visi organisasi kami yaitu 'menjadi himpunan peritel dan penyewa yang memberikan manfaat bagi bangsa dan negara,' dan slogan kami 'Bermitra Maju Bersama'," ujar Budihardjo melalui keterangan resmi, Jumat, 1 Juli 2022.

Dengan mengadopsi metaverse, HIPPINDO berharap nantinya lebih dari 320 perusahaan, 800 brand, dan 80.000 gerai di Indonesia dan luar negeri dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan daya saing di era digital global.

Sementara itu, CMO WIR Group Gupta Sitorus menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih atas kepercayaan HIPPINDO. Pihaknya pun optimis dalam memberikan dukungannya kepada HIPPINDO dalam rangka menciptakan peluang dan menumbuhkan daya saing pedagang ritel di tingkat global.

"Dengan kemampuan dan keahlian kami dalam teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) serta pengalaman dalam mengembangkan teknologi metaverse sejak 2009, kami optimis dapat mendukung HIPPINDO menghadirkan keunggulan yang kompetitif sejalan dengan upaya pemerintah untuk mempercepat proses transformasi digital di Indonesia," kata Gupta.