<p>Mitra Amartha/ Facebook @amarthaid</p>
Fintech

Hore, Pelaku Usaha di Pedesaan Bisa Pinjam Modal ke Amartha Tanpa Rekening Bank

  • Para pelaku usaha yang tidak memiliki rekening bank, bisa melakukan pinjaman modal usaha di Amartha.
Fintech
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berinovasi dengan melakukan pembaharuan pada teknologi. Kini para pelaku usaha yang tidak memiliki rekening bank, bisa melakukan pinjaman modal usaha di Amartha.

Founder & CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra mengatakan teknologi terbarukan ini akan beorientasi dan otentikasi digital dalam mempercepat persetujuan pencairan pinjaman, mengurangi kesalahan, dan secara subtansial menghilangkan risiko penipuan identitas.

"Dengan menerapkan selfie enrollment element inc, dipastikan aplikasi akan bekerja lebih baik dan Amartha akan memberikan pinjaman kepada pelaku usaha yang tidak memiliki rekening bank dengan aman dan tanpa latensi dari proses manual," ucap Andi Taufan, dalam keterangan resmi, Rabu, 5 Januari 2021.

Andi mengatakan, pihaknya memiliki dua strategi pengoperasian sistem, seperti strategi online dan strategi offline. Dari kedua elemen tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi efisiensi dan skalabilitas produk dan operasi layanan keuangan.

Pengoperasian Amartha mencakup sistem hybrid, yang menggabungkan strategi online dan offline. Dalam strategi online, Amartha menerapkan machine learning dan kumpulan data yang relevan untuk membentuk model penilaian kredit yang akurat bagi peminjam. Amartha juga menggunakan sejumlah metrik untuk memastikan tingkat utang mereka seimbang dan berkelanjutan.

“Dalam strategi offline, kami mengelola hampir 3.000 agen lapangan untuk memantau dan menyediakan layanan keuangan di desa-desa. Operasi offline menghadirkan peluang yang signifikan untuk digitalisasi di daerah pedesaan,” ujar Andi.