<p>Petugas membersihkan area teater bioskop CGV di Mal Grand Indonesia, Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Hore! Pemerintah Izinkan Bioskop Buka Lagi

  • Pemerintah mengizinkan bioskop di Tanah Air untuk beroperasional kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Gaya Hidup
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Pemerintah mengizinkan bioskop di Tanah Air untuk beroperasional kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Bioskop sudah dapat dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis yang dikutip TrenAsia.com, Minggu, 21 Maret 2021.

Meskipun demikian, ia mengakui bahwa antusiasme masyarakat untuk kembali menonton di bioskop, belum pulih seperti sebelumnya.

Seperti diketahui, para stakeholder dan pelaku industri perfilman memang gencar mendorong pembukaan kembali bioskop di Indonesia.

Sejumlah seniman seperti, Triawan Munaf, Mira Lesmana, Dian Sastro, Wicky Olindo, Joko Anwar, Angga Dwimas Sasongko, dan lainnya sebelumnya telah melakukan audiensi menyampaikan kondisi perfilman dalam negeri.

Disebutkan bahwa 90% pemasukan industri perfilman berasal dari bioskop, hilir dari industri ini. Sementara itu, pemutaran film melalui platform digital atau streaming yang dilakukan selama pandemi, belum mencukupi kebutuhan produksi film.

Pemerintah pun didorong mengalokasikan stimulus dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk industri perfilman Indonesia.

Sebab, industri ini juga tak kalah merasakan dampak pandemi, seperti halnya sektor lain. Akibatnya, terdapat 2.418 jumlah usaha di subsektor film, animasi dan video yang ikut ambruk. Begitu pun dengan tenaga kerja yang jumlahnya mencapai lebih dari 50.000 orang.

Padahal, sejak industri film diangkat dari Daftar Negatif Investasi (DNI) pada 2016, pertumbuhannya naik 20% dari segi investasi. Hal ini juga yang membuat industri film Tanah Air ikut masuk dalam 10 industri film terbesar di dunia. (SKO)