Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan nama pengganti Azis Syamsuddin sebagai pimpinan DPR RI kepada Ketua DPR Puan Maharani di Media Center DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 29 September 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Hore! Program Kartu Prakerja Lanjut Tahun Depan

  • Dimulai sejak tahun lalu, pemerintah telah menggelontorkan Rp22,78 triliun untuk 75 juta peserta Kartu Prakerja hingga Oktober 2021.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Progam Kartu Prakerja selama pandemi COVID-19 dianggap telah mampu membuat masyarakat surveilans. Sejak tahun lalu, pemerintah telah menggelontorkan Rp22,78 triliun untuk 75 juta peserta Program Kartu Prakerja.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pada tahun 2020 pemerintah telah menyalurkan insentif sebesar Rp13,36 triliun untuk program ini. Kemudian, untuk tahun ini, pemerintah mengucurkan Rp9,42 triliun hingga Oktober.

Dia menyebut, program Kartu Prakerja inklusif menjangkau peserta di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dan jumlah penerima setiap provinsi mayoritas mengalami peningkatan.

Tahun depan, Airlangga berjanji akan meneruskan program ini sambil melihat kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Program Kartu Prakerja ini akan diteruskan tahun depan," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat, 8 Oktober 2021.

Dia menegaskan bahwa keberhasilan Program Kartu Prakerja sangat bergantung kepada bagaimana penerimanya memanfaatkan pelatihan yang ada untuk menambah skilnya.

Karena itu, dia berharap para alumni Kartu Prakerja bisa memanfaatkan ilmu yang sudah didapatkan selama pelatihan untuk bisa membuka dan mengembangkan usahanya. Salah satunya di bidang pariwisata.

"Dalam Program Kartu Prakerja juga ada beberapa pelatihan yang bisa mendukung sektor wisata, misalnya Bahasa Inggris yang mana pelatihan ini bisa diambil untuk meningkatkan kemampuan berbahasa para pemandu wisata," katanya.