Hati-hati! Pop Up Iklan di Ponsel Bisa Curi Data Pribadi, Ini Cara Mencegahnya
Tekno

HP Android Anda Hilang? Google Kini Sediakan Fitur Find My Device Offline Untuk Melacaknya

  • Inilah fitur Find My Device di ponsel android dan cara menggunakannya untuk mencari ponsel Android yang hilang.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Fitur Find My iPhone yang ada di ponsel iPhone tentu memudahkan banyak orang untuk melacak ponselnya yang hilang. Meski begitu, fitur ini tampaknya belum ada di ponsel android.

Namun, saat ini Google akan segera merilis aplikasi Find My Device tersebut untuk membantu pengguna melacak perangkat Anda meski sedang offline atau tidak tersambung dengan koneksi internet. 

Dalam pembaruan terbaru Desember 2022 ini, Google menginformasikan bahwa mereka mengembangkan ‘privacy-centric framework’ baru untuk mengirimkan pemberitahuan lokasi terakhir ponsel yang dienkripsi. 

Google sendiri sebetulnya sudah memiliki aplikasi ‘Find My Device’ yang membantu Anda untuk menemukan ponsel atau tablet Android Anda yang hilang. Dengan fitur ini, Anda dapat menemukan dan mengunci ponsel sekaligus menghapus data yang ada di ponsel.

Google juga mengumpulkan informasi tertentu untuk membantu Anda menemukan perangkat Android yang hilang. Namun, celah dalam fitur ini yaitu tetap membutuhkan koneksi internet aktif untuk mendeteksi perangkat yang hilang. Meski begitu, fitur tersebut akan segera berubah dengan adanya pembaruan tertentu.

Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur ‘Find My Device’ di ponsel Android, berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Melacak Ponsel Android Hilang dengan Fitur Find My Device

Pertama, buka android.com/find lalu masuk ke akun Google Anda. Setelah itu, jika Anda memiliki lebih dari satu ponsel, klik ponsel yang hilang di bagian atas layar. Pilih profil Anda jika Anda memiliki banyak profil.

Setelah itu, ponsel yang hilang akan mendapatkan notifikasi. Di peta, Anda akan mendapatkan informasi mengenai lokasi ponsel Anda yang hilang. Anda harus mencatat bahwa lokasi tersebut merupakan perkiraan dan bisa jadi tidak akurat.

Jika Anda tidak dapat menemukan perangkat, fitur itu akan menampilkan lokasi terakhir yang diketahui. Anda bisa melakukan apapun yang ingin Anda lakukan dengan data Anda dengan mengklik pilihan ‘Aktifkan Kunci’ dan hapus. Anda juga dapat memutar suara yang akan membunyikan ponsel Anda dengan volume penuh selama 5 menit meski sebelumnya telah disetel ke mode senyap atau getar.

Itu tadi fitur Find My Device di ponsel android dan cara menggunakannya untuk mencari ponsel Android yang hilang. Selamat mencoba.