Huawei Patenkan Kamera dengan Lensa Mikroskop, Diklaim Mampu Deteksi Bakteri!
Tekno

Huawei Patenkan Kamera dengan Lensa Mikroskop, Diklaim Mampu Deteksi Bakteri!

  • Simak penjelasan mengenai Huawei yang mematenkan teknologi kamera dengan lensa mikroskop pada ponselnya. Apakah Anda tertarik untuk membeli smartphone tersebut jika sudah rilis nanti?

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Huawei telah memperoleh paten teknologi kamera dengan mikroskop pada produk ponselnya. Kamera tersebut memiliki lensa yang diklaim mampu memperbesar objek yang difoto dari 20 hingga 400 kali dengan jarak minimum sekitar 5 milimeter. 

Seperti yang dilansir Trenasia dari Technode pada Jumat, 3 November 2023, ponsel Huawei tersebut diklaim mampu menganalisis gambar untuk mencari bakteri. Hal itu penting untuk dilakukan, karena seiring dengan semakin ketatnya persaingan di pasar ponsel, Huawei berupaya untuk menarik perhatian dan loyalitas konsumen dengan memperkenalkan fitur-fitur baru.

Selain itu, diharapkan bahwa teknologi kamera mikroskop yang telah dipatenkan ini dapat memberikan keunggulan yang kompetitif pada ponsel Huawei. Meski begitu, saat ini Huawei masih belum mengumumkan apakah teknologi kamera mikroskop yang mereka patenkan akan digunakan pada ponsel andalan di generasi berikutnya.

Fitur Lensa Mikroskop pada Ponsel Huawei

Meski Huawei belum memberikan penjelasan apakah teknologi ini akan digunakan pada ponsel berikutnya, paten tersebut telah memberikan rincian dari lensa mikroskop dan cara penggunaannya.

Kamera dengan lensa mikroskop Huawei menggunakan dua kamera. Satu kamera biasa digunakan untuk mengambil gambar dan satu lagi kamera mikro untuk menganalisis kebersihan.

Ponsel dapat menangkap gambar sebuah apel dan sebuah tangan. Ketika menggunakan lensa mikro, ponsel akan menggunakan suara, teks, atau perintah lain untuk menjelaskan status kesehatan dari objek dan memberikan saran kepada pengguna untuk menjaga kebersihan.

Paten tersebut juga menjelaskan beberapa kasus penggunaan kamera mikro, seperti jaminan keamanan pangan, pemeliharaan peralatan dapur, penilaian kebersihan pribadi, inspeksi mainan anak-anak, dan pemantauan kebersihan dari hewan peliharaan.

Salah satu contoh penggunaannya yaitu kamera mikro dapat digunakan untuk mendeteksi bakteri pada permukaan sayuran atau memantau kebersihan peralatan dapur, seperti mesin kopi dan microwave.

Pada tahun 2021, Huawei sebetulnya telah mengajukan permohonan paten kamera ini. Deskripsi paten secara khusus menyoroti identifikasi dari jumlah bakteri dalam gambar yang diambil dan pemberian rekomendasi kebersihan. Saat itu, kebersihan memang menjadi fokus utama orang-orang karena paten tersebut diajukan pada puncak pandemi COVID-19. 

Sebelum Huawei, pada tahun 2021, Oppo juga memperkenalkan Find X3 Pro yang mampu memperbesar subjek foto maksimal 60 kali. Akan tetapi, fungsi tersebut terbatas pada fotografi makro, bukan gambar mikroskopis.

Itu tadi penjelasan mengenai Huawei yang mematenkan teknologi kamera dengan lensa mikroskop pada ponselnya. Apakah Anda tertarik untuk membelinya jika sudah rilis nanti?