Salah satu aset milik PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI)
Korporasi

Humpuss Maritim Jual Kapal 'Kecil-Kecil Cabe Rawit' Seharga Rp52,32 Miliar

  • PT Humpus Maritim Internasional Tbk (HUMI) menjual kapal tug boat Semar 81 seharga US$3,3 juta atau sekitar Rp52,32 miliar
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Humpus Maritim Internasional Tbk (HUMI) melaporkan penjualan kapal tug boat Semar 81 milik unit usaha perseroan, yaitu PT Baraka Alam Sari seharga US$3,3 juta atau sekitar Rp52,32 miliar (asumsi kurs Rp15.856 per dolar Amerika Serikat).

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, alasan anak usaha PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) milik Tommy Soeharto ini menjual kapal adalah untuk efisiensi.

"Pembeli kapal tersebut adalah PT Garuda Nusantara Pacific, perusahaan yang berdiri berdasarkan hukum Indonesia dan berkedudukan di Medan, yang bukan merupakan afiliasi dari perseroan," kata Direktur Utama HUMI, Tirta Hidayat, dilansir Senin 23 Oktober 2023.

Sementara itu, penjual kapal, yaitu PT Baraka Alam Sari, adalah entitas anak perseroan dan perusahaan yang terkendali oleh perseroan dengan kepemilikan tidak langsung sebesar 99,9% saham melalui anak perusahaan perseroan, yaitu PT OTS Internasional. 

"Transaksi ini bukan termasuk dalam kategori transaksi afiliasi dan bukan transaksi material karena nilainya tidak melebihi 20 persen dari ekuitas," terang dia.

Tirta menyatakan bahwa transaksi ini tidak akan memiliki dampak langsung terhadap kegiatan operasional, aspek hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perusahaan yang bergerak dalam distribusi gas cair ini.

Kapal Tugboat

Bagi orang awam, istilah kapal tugboat barangkali asing di telinga. Meskipun berharga lebih dari Rp52 miliar, kapal dengan nama lain kapal tunda ini ternyata memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kapal lain. 

Tapi jangan salah, si kecil-kecil cabe rawit ini memiliki tenaga yang luar biasa besar. Sebab fungsinya adalah menarik atau mendorong kapal berukuran besar yang hendak bersandar ke pelabuhan atau kapal yang tidak memiliki penggerak seperti kapal tongkang.

Dengan tugas besar ini, tugboat dilengkapi dengan mesin rata-rata 750  sampai 3.000  tenaga kuda (horse power). Bahkan kapal tunda yang berada di lautan lepas memiliki kekuatan sampai 25.000 tenaga kuda.

Tugboat bertugas menarik atau bisa juga mendorong kapal-kapal berukuran besar, yang sulit bersandar ke dermaga. Seperti kapal pesiar, kapal tanker, kapal induk, dan jenis kapal besar lainnya. 

Tugboat juga berperan untuk menggerakkan kapal-kapal tanpa mesin penggerak sendiri seperti kapal tongkang. Serta membantu memindahkan bangunan-bangun di lepas pantai (offshore).

Selain itu, kapal ini juga berfungsi untuk menolong kapal melakukan mooring (menambatkan tali) dan unmooring (melepaskan tambatan tali). Juga, untuk menanggulangi tumpahan minyak akibat kapal tenggelam, kapal terbakar, atau insiden minyak tumpah dan sebagai kapal yang mendukung pemadam kebakaran.