Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat memberikan pidatonya dalam acara HUT ke-51
Nasional

HUT ke-51 PDIP, Megawati Singgung Hati Nurani

  • PDI Perjuangan menggelar peringatan Hari Ulang Tahun ke-51 bertempat di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Rabu, 10 Januari 2024. Peringatan HUT ke-51 PDI Perjuangan ini mengusung tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - PDI Perjuangan menggelar peringatan Hari Ulang Tahun ke-51 bertempat di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Rabu, 10 Januari 2024. Peringatan HUT ke-51 PDI Perjuangan ini mengusung tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang. 

Selain itu, pemilihan lokasi peringatan yang berlangsung di Sekolah Partai merupakan representasi dari tempat digemblengnya para kader PDI Perjuangan. Peringatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. 

Acara berlangsung secara hydbrid yang juga disiarkan langsung melalui saluran Youtube PDI Perjuangan. “Pembukaan HUT dilakukan secara hibrida. Struktural partai sebanyak 1,2 juta pengurus,” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Rabu.

Selain itu masih terdapat lagi sebanyak128 anggota DPR RI, 418 anggota DPRD provinsi, 2.874 anggota DPRD kabupaten dan kota, 131 kepala daerah; 124 wakil kepala daerah, dan 32 ribu caleg. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dimana Megawati selaku Ketua Umum partai memberikan pidatonya.

Dalam pidatonya, Megawati berbicara mengenai beberapa hal. Ketum PDI Perjuangan itu sempat menyinggung soal penganiayaan yang dilakukan oleh oknum TNI terhadap relawan Capres Ganjar Pranowo. 

Dirinya juga berbicara soal penyelenggaraan pemilu yang menurutnya sudah bergeser sehingga menimbulkan kegelisahan rakyat. “Namun saya bersyukur ada kekuatan nurani yang berbicara,” imbuhnya, dipantau secara daring dari saluran Youtube PDI Perjuangan.

Terkait acara tersebut, Hasto mengungkapkan jika PDI perjuangan mengundang 51 tamu VIP (Very Important Person) yang berasal dari berbagai kalangan. Menurutnya, hal itu sesuai dengan usia PDI Perjuangan yang telah menginjak 51 tahun. Salah satu tamu undangan dalam peringatan tersebut yang hadir yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Hadir juga dalam acara tersebut Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Meski begitu, dirinya tidak bersama Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD yang berhalangan untuk hadir. Presiden Joko Widodo yang tak pernah absen dalam HUT PDIP selama dia menjabat juga berhalangan hadir. 

Dia diketahui tengah menjalani lawatan ke Filipina. Sementara itu, para tokoh sekaligus kader PDI Perjuangan yang tampak hadir antara lain Ketua DPR, Puan Maharani, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PANRB Abdulah Azwar Anas.

Hadir juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati serta Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama. 

Adapun undangan dari luar kader PDI Perjuangan yang hadir pada acara tersebut meliputi Plt Ketua Umum partai PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo,dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Hanura Benny Rhamdani.