jalan Tol Semarang-Demak menjadi salah satu infrastruktur jalan yang dibangun di era Presiden Jokowi
Infrastruktur

Hutama Karya Janji Rampungkan Tol Semarang-Demak 2025, PSN Senilai Rp2,02 Triliun

  • Hutama Karya janji rampungkan proyek jalan Tol Semarang-Demak seksi 1A pada April 2025 mendatang. Asal tahu saja, ini adalah PSN dengan nilai Rp2,02 triliun.
Infrastruktur
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) berjanji merampungkan proyek jalan Tol Semarang-Demak seksi 1A pada April 2025 mendatang. Asal tahu saja, ini adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai Rp2,02 triliun. 

Diketahui PSN jalan tol Semarang-Demak seksi 1A pengerjaannya telah dimulai pada 16 Januari 2023 sepanjang 4 km. Dalam konteks ini, Hutama Karya berkolaborasi dengan eijing Urban Construction Group.co.Ltd (BUCG) melalui Kerja Sama Operasi (KSO) dengan masing-masing porsi perusahaan karya plat merah memperoleh 40,44% dan BUCG sebesar 59,56%).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, perseroan akan berkomitmen menyelesaikan proyek ini tepat waktu. Hal ini supaya manfaatnya dapat dirasakan segera oleh masyarakat sekitar khususnya yang bermukim di Semarang dan Demak.

“Proyek Jalan Tol Semarang – Demak seksi 1A ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar, mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi banjir rob tahunan di wilayah tersebut,” ujar Tjahjo dikutip Senin, 09 Oktober 2023.

Asal tahu saja, jika PSN senilai Rp2,02 triliun itu rampung tepat waktu bakal memperpendek perjalanan Semarang menuju Demak dari yang sebelumnya memakan durasi 1,5 jam menjadi 20 menit saja. Hal ini juga mencegah banjir rob di pesisir Laut Jawa yang acap kali menimpa wilayah tersebut. 

Tjahjo memaparkan progres proyek sampai dengan pekan ke-3 Agustus 2023 lalu telah mencapai 12,9%. Melihat angka progres, perseroan sangat optimistis mampu menyelesaikan PSN jalan tol Semarang-Demak tepat waktu. 

Diketahui ruang lingkup pekerjaan Hutama Karya pada proyek ini yakni pekerjaan area elevated, pemancangan Concrete Spun Pile (CSP), pekerjaan aspal, galian struktur, lifting girder eksisting, serta pembongkaran jembatan kaligawe dengan melakukan peninggian elevasi kurang lebih 1 m yang menggunakan teknologi Fast Track Concrete Pavement.

Tantangan PSN Rp2,02 Triliun

Adapun, tantangan yang dihadapi dalam menggarap proyek jalan tol Semarang - Demak ini yaitu lalu lintas yang padat sehingga dilakukan metode rekayasa lalu lintas saat pekerjaan pembongkaran dan peninggian jembatan Kaligawe.

Jembatan Kaligawe adalah jalur vital yang sering dilewati transportasi bisnis dari Jakarta ke Surabaya dan setiap akhir tahun terjadi banjir di bawah jembatan, maka penyelesaian jembatan Kaligawe kami targetkan sudah fungsional pada Natal dan Tahun Baru 2023.

“Jika proyek jalan tol Semarang-Demak seksi 1A telah rampung, diharapkan dapat memperlancar lalu lintas di kawasan Kaligawe Semarang, tidak terjadi kembali banjir rob di kawasan Kaligawe dan Sayung,” tutup Tjahjo.