Gedung PT Hutama Karya (Persero)
Nasional

Hutama Karya Menang Tender Jalan Tol IKN Senilai Rp3,47 Triliun

  • PT Hutama Karya (Persero) (PTHK) tercatat memenangkan tender proyek jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) senilai Rp3,47 triliun.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) (PTHK) tercatat memenangkan tender proyek jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) senilai Rp3,47 triliun.

Sementara itu, tender ini telah dibuka pemerintah sudah sejak 13 Juli 2022.

Dikutip dari data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Selasa, 6 September 2022, proyek jalan tol ini memiliki nilai pagu sebesar Rp3,47 triliun dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Sedangkan penawaran yang diberikan perseroan adalah Rp3,33 triliun. 

Adapun proyek jalan tol yang dimenangkan Hutama Karya segmen Karangjoang-KKT Kariangau sebagai akses menuju IKN.

Dalam data tersebut juga diungkapkan bahwa ada 132 peserta yang mengikuti tender. Empat di antaranya merupakan perusahaan konstruksi plat merah di antaranya PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), dan PT Brantas Abipraya (Persero).

Sampai saat ini kontrak belum juga diteken padahal berdasarkan jadwal yang telah dibuat seharusnya tender proyek ini sudah memasuki proses penandatanganan kontrak pada Senin, 5 September 2022.

Di sisi lain, Kementerian PUPR telah teken kontrak untuk lima proyek IKN pada 29 Agustus 2022. Lima proyek senilai Rp7 triliun itu terdiri dari proyek pembangunan dua ruas jalan tol, jalan logistik, serta pemetaan lahan.