Jalan Tol Trans Sumatera
BUMN

Hutama Karya Tanggapi 4 Ruas Tol Trans Sumatera yang Dicoret dari PSN

  • Alasannya, sejumlah proyek tersebut dihentikan karena belum dimulai dan belum didanai oleh anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN)
BUMN
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Perusahaan konstruksi pelat merah, PT Hutama Karya (Persero) mengumumkan ada empat ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang tidak lagi masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Keempat ruas tersebut adalah Tol Rantau - Parapat - Kisaran, Tol Langsa - Lhokseumawe, Tol Lhokseumawe - Sigli, dan Tol Dumai - Sigambal - Rantau. Alasannya, sejumlah proyek tersebut dihentikan karena belum dimulai dan belum didanai oleh anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN).

Merespons ini, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan saat ini perseroanfokus untuk mempercepat penyelesaian JTTS Tahap I dan  II. 

“Dasar dari pelaksanaan PSN adalah Permenko, yang secara berkala akan terus diperbarui. Adapun sesuai Perpres No. 131 Tahun 2022 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera, ruas-ruas tersebut masuk ke dalam pembangunan ruas JTTS Tahap III dan IV. Adapun detail kelanjutan pembangunannya menunggu kesepakatan dengan pemerintah,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis 9 November 2023.

Untuk diketahui, Hutama Karya tengah fokus terhadap penyelesaian JTTS Tahap I sepanjang 965 km dengan target penyelesaian pada Semester I tahun 2024. Selain itu, Hutama Karya juga mengebut pengerjaan JTTS dengan mengerjakan JTTS tahap II.

Di antaranya ruas tol Betung–Tempino–Jambi Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino (34 km) dengan skema Dukungan Konstruksi (Dukon), dan Tol Lingkar Pekanbaru (30,5 km). Jika diakumulasikan, jalan tol garapan Hutama Karya yang akan terhubung mencapai 1.030 km. 

Sebagai informasi, JTTS Ruas Jambi – Rengat mengalami perubahan terhadap nomenklatur. Pembangunan jalan tol ini mengalami perubahan pembiayaan karena memperoleh  pinjaman dari AIIB (Asian Infrastructure Investment Bank) senilai Rp23 Triliun. 

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun JTTS sepanjang 1.030 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi. Untuk ruas tol Konstruksi 350 km dan 680 km ruas tol Operasi.

Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh diantaranya yakni Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (140 km), Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), Tol Palembang – Indralaya (22 km), Tol Medan – Binjai (17 km), Tol Pekanbaru – Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2 – 6 (49 km) serta Tol Binjai – Langsa Seksi 1 Ruas Binjai – Stabat (12 km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (17 km), Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 km), Tol Indralaya – Prabumulih (64 km), dan Tol Binjai – Langsa Segmen Binjai – Kuala Bingai (7,5 km).