Petugas melakukan pengisian daya dengan fasilitas Electric Vehicle (EV) Charging Station di area loby Senayan Park. Sabtu 11 Juni 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Tekno

Hyundai Perkenalkan Teknologi Pembersihan Sensor Kamera

  • Teknologi Rotator-Cam dianggap sebagai salah satu solusi pembersihan sensor paling efektif yang telah dikembangkan oleh Hyundai
Tekno
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Hyundai Motor Group telah memperkenalkan teknologi inovatif yang merevolusi teknologi sensor kamera kendaraan. Teknologi ini memungkinkan kamera untuk membersihkan diri mereka sendiri, yang disebut sebagai "Rotator-Cam" dan menggabungkan elemen-elemen seperti kaca penutup kamera yang dapat berputar dan wiper kecil.

Teknologi Rotator-Cam dianggap sebagai salah satu solusi pembersihan sensor paling efektif yang telah dikembangkan oleh Hyundai. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan debu, lumpur, dan bahkan tetesan air yang bisa mengganggu kinerja sensor kamera secara cepat. Partikel kecil yang menempel pada sensor kamera dapat mengurangi kemampuan perangkat tersebut untuk beroperasi secara efektif.

Rotator-Cam terdiri dari beberapa komponen penting, termasuk motor listrik, perangkat penyuplai cairan pencuci, dan bilah penghapus. Hyundai meyakini bahwa permintaan akan sistem pembersihan sensor kamera akan berkembang pesat seiring dengan peningkatan penggunaan kendaraan tanpa pengemudi.

“Sistem pembersihan sensor sangat penting untuk kecanggihan teknologi kendaraan otonom, kami akan terus menempatkan prioritas utama dalam memastikan keselamatan pelanggan, dan terus berupaya lebih keras dalam mengembangkan teknologi mobilitas yang lebih baik dan lebih beragam.” Ungkap salah satu pejabar Hyundai dilansir Korean times, Kamis, 7 September 2023.

Salah satu keunggulan teknologi ini adalah kemampuannya untuk memungkinkan kamera berputar tanpa menghalangi pandangan sensor dan menghilangkan polutan secara efektif. Hyundai berencana untuk melakukan lebih banyak eksperimen dalam berbagai kondisi cuaca sebelum teknologi Rotator-Cam tersebut dikomersialisasi sepenuhnya. Perusahaan bahkan telah mengajukan permohonan paten untuk teknologi ini. 

Setelah menyelesaikan pengujian terkait ketahanan dan fungsi, Hyundai berkomitmen untuk menghadirkan solusi pembersihan sensor kamera yang inovatif ini ke pasar. Teknologi seperti ini dapat menjadi langkah besar dalam mendukung perkembangan teknologi kendaraan otonom dan peningkatan keselamatan di jalan.