Ponsel, iPhone, smartphone, stres, depresi
Tekno

iPhone Lama Anda Sering Lemot? Begini Cara Mengatasinya

  • Inilah beberapa cara yang akan membantu Anda mengembalikan kinerja iPhone agar kembali cepat. Selamat mencoba!

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Apakah iPhone Anda terutama iPhone yang lama sering mengalami kelambatan fungsi atau lemot? Jika iya, Anda tidak sendiri.

iPhone yang fungsinya jadi lambat ini tentu membuat frustasi penggunanya. Hal ini karena dengan kinerja ponsel yang lambat, pekerjaan Anda yang berhubungan dengan ponsel tentu juga jadi makin terhambat.

Jika Anda mengalaminya, jangan khawatir. Ada beberapa hacks yang bisa Anda lakukan untuk membuat ponsel iPhone Anda jadi kembali cepat. 

Beberapa faktor dapat berkontribusi membuat kinerja iPhone menjadi lambat. Hal ini termasuk aplikasi, video, dan file foto yang secara bertahap menumpuk dan memengaruhi kinerja iPhone dengan menghabiskan ruang penyimpanan yang tersedia. Untungnya, ada metode yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola dan membersihkan storage secara mudah yang akhirnya meningkatkan kinerja iPhone Anda secara keseluruhan.

Untuk melakukannya pertama Anda perlu memeriksa yang menyebabkan storage iPhone Anda habis. Anda bisa melakukannya dengan cara klik menu Settings lalu tap General, kemudian pilih Storage. 

Anda akan melihat berbagai nama aplikasi sekaligus informasi lebih lanjut mengenai storage yang telah digunakan. Informasi tersebut bisa Anda manfaatkan pada langkah berikutnya untuk menganalisis file apa saja yang menghabiskan storage di iPhone Anda. 

Jika sudah, Anda bisa melakukan 3 hacks mengatasi iPhone yang lemot berikut ini.

Cara Mengatasi iPhone yang Lambat

Cara Mengatasi iPhone yang Lambat

1. Bongkar Aplikasi

Metode ini bermanfaat sebagai suatu teknik yang efektif agar Anda bisa kembali mendapatkan storage yang sebelumnya digunakan oleh aplikasi yang justru jarang Anda gunakan. Namun, teknik ini berbeda dari uninstall aplikasi, karena setiap aplikasi tentu menyimpan setiap file dan data aplikasi terkait. 

Untuk membongkar aplikasi secara manual, temukan aplikasi yang ingin Anda lepas di storage iPhone. Ada cara untuk melakukan hal ini secara manual, caranya yaitu klik Settings, tap General, tap iPhone Storage lalu temukan aplikasi yang ingin Anda bongkar, ketuk di atasnya, lalu tap Offload App.

2. Bersihkan Cache

Aplikasi browser web iPhone seperti Safari, Google Chrome, atau Mozilla Firefox akan terus menyimpan semua data setiap kali Anda mengunjungi suatu website di internet. Data tersebut disimpan di ponsel dalam bentuk cache dan cookie.

Anda dapat menghapusnya dengan mengunjungi bagian Settings, lalu klik bagian daftar aplikasi lalu pilih browser Anda, seperti Safari, Chrome, atau Mozilla. Setelah itu scroll ke bawah dan tap Clear History and Website Data.

3. Hapus Pesan Teks

Pesan teks yang ada di ponsel meski tidak digunakan ternyata juga dapat menghabiskan sebagian besar storage Anda selama periode waktu tertentu. Untuk menghapus pesan lama secara otomatis, Anda bisa pergi ke bagian Setting, temukan aplikasi Messages. Di bagian tersebut scroll ke bawah ke opsi Keep Messages dan atur selama 30 hari atau sesuai keinginan Anda. 

Itu tadi beberapa cara yang akan membantu Anda mengembalikan kinerja iPhone agar kembali cepat. Selamat mencoba!