ID SURVEY.jpg
BUMN

IDSurvey Tanam 2021 Pohon di Area Bekas Tambang Seluas 8,4 Hektare

  • Area seluas 8,4 hektar yang digunakan untuk penanaman ini merupakan hasil dari rehabilitasi lahan bekas tambang batu oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gunung Dago Parung Panjang.

BUMN

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Holding BUMN yang aktif di bidang survei, IDSurvey melaksanakan penanaman 2.021 pohon yang diselenggarakan di gunung Dago Parung Panjang, Bogor. Tindakan ini menjadi bagian integral dari komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang berkelanjutan.

Dilansir dari kabarbumn.com, Selasa, 5 Desember 2023, Area seluas 8,4 hektar yang digunakan untuk penanaman ini merupakan hasil dari rehabilitasi lahan bekas tambang batu oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) gunung Dago Parung Panjang. 

Penanaman pohon mencakup berbagai jenis seperti durian, alpukat, dan pete. Jumlah 2021 merupakan simbol dari tahun pendirian Holding IDSurvey yang terdiri atas PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia. Pendirian IDSurvey diresmikan melalui PP No. 66 Tahun 2021 oleh Presiden Joko Widodo.

Upaya penanaman pohon ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat ekologis bagi lingkungan, tetapi juga mengangkat pendapatan sektor pariwisata lokal. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan penandatanganan kesepakatan antara Perhutani dan IDSurvey, untuk menjadikan proyek mitigasi emisi gas rumah kaca sebagai pilot project. 

Upaya ini juga dirancang untuk memberikan manfaat konkret kepada masyarakat sekitar hutan. Melalui pemberdayaan lokal, diharapkan akan tercipta kesinambungan dalam pendekatan lingkungan yang menguntungkan baik bagi lingkungan alam maupun bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar. 

Dalam konteks global yang semakin menyadari pentingnya aksi iklim, langkah penanaman pohon sejalan dengan komitmen lingkungan serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada SDG nomor 13 yang fokus pada tindakan iklim dan SDG nomor 15 yang menekankan pada pelestarian keanekaragaman hayati.

Penanaman 2.021 pohon oleh IDSurvey menjadi salah satu menjadi pondasi penting dalam membangun masa depan berkelanjutan bagi lingkungan serta keberlangsungan hidup manusia.  Diharapkan, upaya semacam ini dapat menginspirasi langkah serupa dari perusahaan lainnya demi keseimbangan dan keberlanjutan ekologis.