Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki (empat kanan) dan Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung (empat kiri) berfoto bersama finalis inovator digital pada acara Kick Off Pahlawan Digital UMKM 2022: 'Merayakan Transformasi Digital UMKM Indonesia' pada Senin, 3 Oktober 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Foto

Ide Anak Muda Siap Dukung UMKM Go Digital

  • Setelah sukses digelar pada 2020, ajang Pahlawan Digital UMKM kembali dilangsungkan tahun ini sebagai program kolaborasi Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopU
Foto
Ismail Pohan

Ismail Pohan

Author

JAKARTA - Setelah sukses digelar pada 2020, ajang Pahlawan Digital UMKM kembali dilangsungkan tahun ini sebagai program kolaborasi Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) dengan Staf Khusus Presiden Putri Tanjung. Acara Kick Off Pahlawan Digital UMKM 2022 bertajuk: 'Merayakan Transformasi Digital UMKM Indonesia' berlangsung pada Senin, 3 Oktober 2022.

Sesaat setelah pendaftaran ditutup, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki bersama Putri Tanjung mengumumkan 20 finalis inovator digital yaitu Mindo, Smeshub, Starchain, Panak.id, Modern farm, Surplus, Ciptani, Djoin, Warjali, Crustea, Dagangan, Onstock, Sandangs, Beliayam.com, Aturkuliner, Iam.id, Manganfoods, Mastani, eFishmart, dan Tumbasin.

Menkop UKM Teten Masduki mengatakan ajang Pahlawan Digital UMKM mencari anak-anak muda inovatif yang bisa mengembangkan teknologi. Hal ini bertujuan untuk mendongkrak UMKM naik kelas dengan bertransformasi digital.

Menteri Teten dan Putri Tanjung dalam acara tersebut juga berdialog dengan lima perwakilan dari 20 besar peserta dan pelaku UMKM di bidang fesyen kriya, makanan minuman dan agribisnis.

Salah satu inovator digital asal Jambi startup Agritech “CIPTANI”, Reza Nugroho mengatakan ajang ini merupakan bantu loncatan bagi pelaku umkm daerah untuk melaju ke kancah nasional lewat inovasi digital yang diusung. Reza berharap ajang ini dapat rutin terselanggara setiap tahunnya agar pelaku umkm dan startup dapat terus berinovasi sehingga mendorong pertumbuhan transformasi UMKM digital di Indonesia.

Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan  setidaknya ada 20,24 juta UMKM telah onboarding digital per Agustus 2022, bertambah 12,24 juta sejak awal pandemi atau 31,1 persen dari total populasi UMKM, atau 67,4 persen dari target 30 juta UMKM onboarding ke ekosistem digital pada 2024.

KemenkopUKM melalui ajang Pahlawan Digital ingin melindungi UMKM termasuk industri. Bagaimana Pemerintah membuat kebijakan agar para pegiat digital ini bukan hanya untuk keuntungan ekonomi semata, tetapi juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat, terutama UMKM.

Setelah kick off Pahlawan Digital UMKM 2022, 20 besar peserta akan mengikuti workshop selama kurang lebih satu bulan. Nantinya dalam workshop ini, para peserta akan mendapatkan materi penguatan teknis bagi startup digital dari para ahli dan penyelarasan program dengan program digitalisasi KemenKopUKM. Selanjutnya, mereka akan melaju ke sesi final Pahlawan Digital UMKM 2022 pada 10 November 2022.

Foto: Ismail Pohan/TrenAsia