<p>Pewarta beraktivitas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Bakal Kembali Semringah, Cermati Saham UNVR, BRPT, dan HMSP

  • Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyebut adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG yang terlihat dari pola upward bar. Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance maksimum berada pada 5.940,99 hingga 6.081,11.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih betah berada dalam rentang konsolidasi wajar. IHSG diprediksi melanjutkan penguatan pada perdagangan Kamis, 8 April 2021.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyatakan bahwa IHSG akan bergerak pada zona hijau dengan rentang 5.827–6.088 pada hari ini.

Ia bilang, berbagai sentimen positif seperti perekonomian dalam negeri yang cenderung stabil serta pascarilisnya kinerja beberapa emiten, turut mewarnai pergerakan indeks.

“Jika IHSG mampu menembus resisten level terdekat maka IHSG masih berpotensi untuk melanjutkan kenaikan jangka pendeknya,” ujarnya melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Kamis 8 April 2021.

Dengan analisis tersebut, ia merekomendasikan sejumlah saham yang menurutnya layak untuk dicermati. Di antaranya BBCA, ICBP, ITMG, EXCL, UNVR, TLKM, dan BBNI.

Terpisah, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyebut adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG yang terlihat dari pola upward bar. Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance maksimum berada pada 5.940,99 hingga 6.081,11.

“MACD masih menunjukkan sinyal negatif. Meskipun demikian, stochastic dan RSI mulai berada di area netral,” papar dia merujuk pergerakan beberapa indikator.

Nafan tak lupa membagikan menu-menu saham yang menurutnya dapat menjadi pertimbangan investor. Antara lain BRPT, HMSP, JSMR, MEDC, PTBA, serta WIKA.

Sebelumnya, IHSG berhasil ditutup menguat 0,56% ke level 6.036,62 pada akhir sesi perdagangan Rabu, 7 April 2021. Dalam sehari, sebanyak 251 saham naik, 225 saham terkoreksi, dan sisanya 164 saham stagnan. (SKO)