<p>Layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 15 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Berpeluang Menguat Jelang Rilis BI Rate, Rekomendasi Saham ASII, WIKA, dan TLKM

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menuju zona hijau pada perdagangan Kamis, 18 Maret 2021. Pengumuman tingkat suku bunga acuan pada hari ini yang disinyalir tidak mengalami perubahan, akan turut memberikan sentimen terhadap pola gerak IHSG.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menuju zona hijau pada perdagangan Kamis, 18 Maret 2021. Pengumuman tingkat suku bunga acuan pada hari ini yang disinyalir tidak mengalami perubahan, akan turut memberikan sentimen terhadap pola gerak IHSG.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan bahwa pola gerak IHSG hingga saat ini masih tampak betah berada dalam rentang konsolidasi wajar. Ia memperkirakan indeks komposit berpotensi menguat terbatas pada rentang 6.260–6.389.

“Selama support level dapat dipertahankan dengan kuat, maka IHSG masih berpeluang untuk melanjutkan pola uptrend jangka pendeknya,” paparnya melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Kamis 18 Maret 2021.

William tak lupa membagikan sejumlah rekomendasi saham yang menurutnya layak dicermati secara teknikal. Di antaranya ASII, TLKM, BBCA, JSMR, ICBP, HMSP, dan WIKA.

Sedangkan, analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama mengofirmasi adanya sinyal positif pada indikator MACD, stochastic dan RSI. Berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance minimum berada pada 6.281,09 – 6.345,93.

“Di sisi lain, pergerakan IHSG telah menguji garis MA 10 sehingga peluang terjadinya penguatan minimal menuju ke level resistance terdekat masih terbuka lebar,” jelas Nafan.

Nafan juga merekomendasikan saham-saham yang dapat menjadi pertimbangan investor hari ini. Antara lain AALI, ASII, ASRI, BBNI, EXCL, serta PSAB.

Sebelumnya, IHSG masih ditutup terkoreksi wajar sebesar 0,23% ke level 6.309,70 pada akhir perdagangan Rabu, 16 Maret 2021. Kemarin, 194 saham terpantau menguat, 266 saham turun, dan sisanya sebanyak 174 saham stagnan. (SKO)