<p>Awak media memantau pergerkan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 22 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Berpeluang Menguat Terbatas Jelang Puasa, Simak Saham MYOR, AALI, dan IPCC

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi bergerak menguat terbatas pada perdagangan Senin, 12 April 2021. Sejumlah sentimen akan turut menemani reli perdagangan bursa hari ini.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi bergerak menguat terbatas pada perdagangan Senin, 12 April 2021. Sejumlah sentimen akan turut menemani reli perdagangan bursa hari ini.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan bahwa IHSG masih menunjukkan peluang penguatan jangka pendek pada rentang 5.960 – 6.123. Ia bilang, indeks tampak sedang berusaha menembus level resistance terdekatnya.

Menurut William, beberapa aksi korporasi dari sejumlah emiten yang telah terlansir juga bakal mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Baginya, hal ini bisa menjadi sentimen tersendiri bagi pasar modal Indonesia.

“Selain itu, masih terjadinya capital inflow secara year-to-date (ytd) juga akan turut memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG,” tulisnya melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Senin 12 April 2021.

Ia turut membagikan rekomendasi saham-saham yang menurutnya layak untuk dicermati dan berpeluang profit. Di antaranya BBCA, BBNI, GGRM, MYOR, SMGR, AALI, dan BSDE.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyebut IHSG berpeluang menuju ke level resistance terdekat pada rentang 6.027,60 hingga 6.114,21 menurut rasio fibonacci.

Di sisi lain, sambungnya, masih terlihat adanya pola three advancing soldiers candlestick pattern yang mengindikasikan potensi penguatan pada pergerakan IHSG hari ini.

“Berdasarkan indikator, MACD masih menunjukkan sinyal negatif. Meskipun demikian, stochastic dan RSI berada di area netral,” paparnya.

Dengan analisis tersebut, Nafan merekomendasikan saham-saham yang dapat dijadikan pertimbangan para investor. Antara lain ADRO, ASII, AUTO, BJTM, GIAA, serta IPCC.

Sebelumnya, IHSG ditutup terkoreksi wajar senilai 0,02% ke level 6.070,21 pada akhir perdagangan Jumat, 9 April 2021. Pada hari itu, terdapat 212 saham menguat, 266 saham terkoreksi, dan 165 saham lainnya berada pada posisi stagnan. (SKO)