<p>Karyawan melintas dengam latar pergerkan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 22 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Berpeluang Rebound, Rekomendasi Saham Analis: AALI, AKRA, dan SMGR

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak dalam rentang konsolidasi dengan potensi penguatan pada perdagangan Rabu, 7 Juli 2021. Masih minimnya sentimen positif akan membayangi gerak indeks hingga beberapa waktu ke depan.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak dalam rentang konsolidasi dengan potensi penguatan pada perdagangan Rabu, 7 Juli 2021. Masih minimnya sentimen positif akan membayangi gerak indeks hingga beberapa waktu ke depan.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya melihat IHSG sedang berusaha menggeser rentang konsolidasinya ke arah yang lebih baik. Ia memproyeksikan indeks komposit akan berada pada support resistance 5.913 – 6.123.

“Sedangkan sentimen dari jelang rilis data perekonomian pada hari ini tentang cadangan devisa terlihat masih akan berada dalam kondisi terkendali,” ujarnya melalui riset harian yang diterima Trenasia.com, Rabu, 7 Juli 2021.

Dengan kondisi tersebut, William turut membagikan menu-menu saham yang menurutnya dapat menjadi pertimbangan para investor. Di antaranya ITMG, AALI, UNVR, PWON, ICBP, AKRA, serta SMGR.

Sementara itu, Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menyebut IHSG berpotensi melanjutkan penguatannya pada rentang 6.013 – 6.085. Secara teknikal, kata dia, IHSG kembali kuat rebound pada level support MA5 dan whipsaw pada level MA20.

“Pergerakan selanjutnya berpotensi menguji bearish trend dan resistance 6.062 sebagai konfirmasi arah pergerakan selanjutnya,” papar dia.

Lanjar menjelaskan, indikator stochastic dan RSI bergerak pada momentum bullish mengiringi pergerakan MACD yang menjenuh dan berpotensi cross over pada histogram yang mulai bergerak positif.

Berdasarkan analisisnya itu, ia merekomendasikan sejumlah saham yang layak untuk dicermati. Antara lain AALI, ADRO, AKRA, BFIN, BRPT, BSDE, DOID, ERAA, INTP, JPFA, MAIN, MEDC, SIMP, SMGR, TINS, dan UNTR.

Sebelumnya, IHSG ditutup naik 0,69% ke level 6.047,11 pada akhir sesi perdagangan Selasa, 6 Juli 2021. Saham-saham disektor teknologi, barang baku, dan energi memimpin penguatan indeks sektoral.

Saham ITMG, UNTR, INTP, ANTM, dan INCO naik cukup optimistis, sehingga menahan IHSG tetap berada pada zona hijau hingga akhir sesi perdagangan.

Investor asing melakukan aksi jual bersih (net sell) sebesar Rp174,75 miliar dengan saham TLKM, BFIN, AMRT dan TBIG yang paling banyak dilego asing. (SKO)