<p>Suasana di kawasan lingkar Semanggi saat hari pertama pemberlakuan PPKM Darurat mulai tanggal 3 &#8211; 20 Juli 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Berpotensi Bullish di Tengah PPKM Darurat, Simak Saham BBCA, BBNI, MMLP, dan WIIM

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak fluktuatif pada perdagangan Senin, 5 Juli 2021. Meskipun ada penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, indeks berpotensi menguat pada perdagangan awal pekan ini.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak fluktuatif pada perdagangan Senin, 5 Juli 2021. Meskipun ada penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, indeks berpotensi menguat pada perdagangan awal pekan ini.  

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyebut IHSG belum dapat  menggeser rentang konsolidasinya ke arah yang lebih baik. Secara teknikal, indeks komposit akan bergerak pada rentang 5.913 – 6.123.

“Hingga saat ini, pergerakan IHSG masih terlihat bergerak dalam rentang yang cukup terbatas mengingat masih minimnya sentimen yang dapat mendorong kenaikan IHSG,” katanya melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Senin, 5 Juli 2021.

Kendati begitu, William menilai momentum dari pergerakan yang fluktuatif di dalam pergerakan IHSG ini dapat dimanfaatkan bagi para investor. Baik investor jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Dengan kondisi tersebut, ia merekomendasikan sejumlah saham yang menurutnya dapat menjadi pertimbangan para pelaku pasar. Di antaranya BBCA, GGRM, BBNI, INDF, WIKA, ITMG, dan CTRA.

Sebaliknya, Analis Panin Sekuritas, William Hartanto justru memprediksi IHSG berpeluang melanjutkan penguatan dengan resistance masih pada level 6.114. Sedangkan, menurutnya support level akan berada pada level 6.000.

“Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam range 5.947 sampai dengan 6.114,” papar dia.

Berdasarkan analisisnya itu, William tak lupa membagikan menu-menu saham unggulan yang menurutnya layak untuk disimak dan dicermati. Setidaknya ada tiga saham rekomendasinya, yakni AGRO, MMLP, serta WIIM.

Selain itu, ia juga melihat pergerakan harga yang tengah menguji resistance pada level 1803. William menyatakan bahwa penguatan di atas level tersebut bakal menjadi pendorong pergerakan saham-saham komoditas emas seperti MDKA dan ANTM.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 0,28% menuju level 6.023,00 pada perdagangan Jumat, 2 Juli 2021. Sepanjang perdagangan tersebut, tercatat ada 244 saham menguat, 245 saham menurun, dan 157 saham ditutup tanpa mengalami perubahan harga. (SKO)