<p>Karyawan melintas dengan latar belakang layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 4 Januari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

IHSG Bersiap Rebound, Saham-Saham Ini Berpotensi Cuan

  • Usai kemarin merosot tajam, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Kamis, 7 Januari 2021 agaknya bakal pada posisi rebound. Hal itu tampak dari indikator Moving Avarage Convergence Divergence (MACD) yang menunjukkan sinyal positif.

Industri
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Author

JAKARTA – Usai kemarin merosot tajam, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Kamis, 7 Januari 2021 agaknya bakal pada posisi rebound. Hal itu tampak dari indikator Moving Avarage Convergence Divergence (MACD) yang menunjukkan sinyal positif.

Analis Binaartha Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta mengatakan, pergerakan IHSG telah menguji garis moving avarage 10 (MA 10) dan MA 20. Artinya, ada potensi penguatan ke level resistensi terdekat pada pergerakan IHSG hari ini.

Sementara indikator stochastic dan relative stenght index (RSI) saat ini masih berada pada area netral. “Berdasarkan rasio fobonacci, adapun support maupun resistance berada pada 6.009,10 hingga 6.157,11,” terang Nafan dalam riset hariannya, Kamis, 7 Januari 2021.

Dengan analisa itu, Nafan pun merekomendasikan sejumlah saham yang berpotensi cuan hari ini. Saham-saham itu, antara lain ACES, ASII, ASRI, BBRI, BMRI, BNGA, CPIN, SMGR, dan TKIM.

Sedikit berbeda, Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi justru melihat adanya potensi pelemahan pada pergerakan IHSG. Sebab secara teknikal, IHSG telah mengongfirmasi titik balik resistensi fraktal dan menggapai target wave correction B.

Indikator stochastic juga menunjukkan adanya pola dead-cross pada area jenuh beli. Demikian juga dengan indikator MACD yang tampak masih dalam tekanan.

“Sehingga kami perkirakan IHSG berpotensi kembali tertekan dengan support resistance 6.017-6.118,” kata Lanjar.

Namun begitu, Lanjar tetap merekomendasikan sejumlah saham yang berpotensi cuan pada perdagangan hari ini. Di antaranya, CPIN, ESSA, JPFA, KLBF, dan RALS.