<p>Sumber: passiveincomesaham.com</p>
Pasar Modal

IHSG Dibayangi Omicron, SF Sekuritas Pilih Saham KAEF, SAME, BNGA, dan KBAG

  • Surya Fajar Sekuritas memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan pelemahan pada perdagangan hari ini, Jumat, 17 Desember 2021
Pasar Modal
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Surya Fajar Sekuritas memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan pelemahan pada perdagangan hari ini, Jumat, 17 Desember 2021. 

Pasar saham domestik masih akan digelayuti oleh tekanan negatif dalam jangka menengah setelah varian Omicron COVID-19 terdeteksi di Indonesia.

Menurut tim analis SF Sekuritas dalam risetnya, investor akan mengamankan posisinya terlebih dahulu dan mencoba mempertimbangkan skenario dampak dari Omicron. Asumsi terburuk, yaitu kasus positif kembali meningkat. 

“Dan pada periode semester pertama tahun depan, Indonesia mungkin saja menerapkan pembatasan lagi seperti yang terjadi pada Juli 2021. Imbasnya, ekonomi tidak akan menikmati momen Lebaran 2022 yang jatuh pada bulan April-Mei,” tulis riset tersebut, Jumat, 17 Desember 2021. 

Secara teknikal, IHSG telah terkonfirmasi membentuk bearish engulfing disertai RSI yang melandai. Indeks acuan domestik akan menguji level support di 6580 dan 6500 serta level resistance di level 6690. 

Pada perdagangan kemarin, Kamis, 16 Desember 2021, IHSG ditutup melemah meskipun di awal sesi sempat menguat. Sentimen negatif datang dari terdeteksinya varian Omicron di Indonesia. 

“Imbasnya, saham-saham terkait healthcare mengalami rally yang signifikan. Di sisi lain, rapat Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan,” tulis riset tersebut.

Dari pasar saham global, Bursa Amerika bergerak melemah tadi malam dengan indeks Nasdaq tumbang 2.5%. Saham-saham teknologi besar seperti Apple, AMD, NVIDIA, Adobe mengalami penurunan tajam. 

Sementara, saham-saham bank masih mampu ditutup menguat. Terlihat pasar mulai rotasi dari saham teknologi yang memiliki high-growth ke sector defensive seperti consumer staple

Di sisi lain, pasar juga mendapat tekanan dari varian Omicron. Kasus varian Omicron di Amerika Serikat semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir. Varian Omicron dapat kembali mengubah arah kebijakan the Fed menjadi bersifat dovish

Sementara itu Bursa Asia bergerak menguat kemarin. Indeks Nikkei Jepang melonjak 2% merespon keputusan the Fed untuk mengurangi porsi pembelian bond

Di sisi lain, Bursa Eropa juga bergerak menguat merespon hasil dari pertemuan bank sentral. Bank Sentral Inggris kemarin memutuskan menaikkan suku bunga acuan untuk pertama kali sejak pandemi meskipun terdapat kekhawatiran terkait penyebaran masif varian Omicron. Bank Sentral Inggris menaikkan suku bunga acuan 0.25% dari 0.1%.

 

Rekomedasi Saham

KAEF 

Breakout resistance trend line disertai volume yang meningkat

Buy If Break 

Buy Range: 2600-2620

Stoploss: <2460

Target: 2810

 

SAME

Tweezer Bottoms dengan potensi inverted head and shoulders. 

Trading Buy 

Entry: 430-438

Stoploss: <412

Target: 540

 

BNGA

Terbentuk tweezer bottoms di area support trendline

Trading Buy

Entry: 970-980

Stoploss: <955

Target: 1025 

 

KBAG

Bullish engulfing mengkonfirmasi tren reversal. 

Trading Buy

Entry: 80-85

Stoploss: <70

Target: 95