<p>Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Diprediksi Naik Sambut Aksi Beli Bersih Asing, Rekomendasi Saham AALI, ADRO, BMTR, dan HMSP

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi kembali menguat pada perdagangan Kamis, 3 Juni 2021. Sejumlah sentimen disinyalir akan mengiringi pergerakan IHSG dalam beberapa waktu ke depan.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi kembali menguat pada perdagangan Kamis, 3 Juni 2021. Sejumlah sentimen disinyalir akan mengiringi pergerakan IHSG dalam beberapa waktu ke depan.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi mengatakan IHSG mengalami gap up break out level psikologis dengan resistance MA50 dan upper bollinger bands. Menurutnya, hal ini membuat momentum optimistis terasa kuat.

Sementara itu, lanjut Lanjar, berbagai indikator menunjukan sinyal baik. RSI dan stochastic yang bergerak positif. Sedangkan, indikator MACD mengonfirmasi penguatan indeks pada perdagangan hari ini.

“Secara teknikal, IHSG berpotensi melanjutkan momentum positifnya dengan support resistance 5.985 hinga 6.078,” tulis dia melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Kamis 3 Juni 2021.

Dengan gambaran itu, Lanjar merekomendasikan beberapa saham yang ia nilai layak untuk dicermati. Di antaranya AALI, ACST, ADRO, BSDE, CTRA, INDY, KLBF, LSIP, PTPP, RALS, TKIM, WIKA, dan WSKT.

Pada kesempatan terpisah, Analis Panin Sekuritas, William Hartanto menyebut bahwa IHSG berpotensi menguat pada hari ini. Ia memprediksi, penguatan indeks komposit akan diikuti oleh aksi beli bersih (net buy) asing pada saham-saham blue chips.

“Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam rentang 5.947 hingga 6.080,” sebut William.

Berdasarkan analisisnya tersebut, William membagikan rekomendasi saham unggulan seperti BMRI, BMTR, HMSP, hingga JPFA. Baginya, keempat saham ini layak untuk dicermati secara teknikal oleh para investor.

Sebelumnya, IHSG berhasil ditutup menguat 1,41% menuju level 6.031,58 pada perdagangan Rabu, 2 Juni 2021. Sepanjang perdagangan tersebut, tercatat 356 saham menguat, 164 saham terkoreksi, dan 131 saham pada posisi stagnan.

Peningkatan IHSG didorong oleh penguatan pada saham DCII, TBIG, UNTR, BMRI, hingga BBCA hingga akhir sesi perdagangan hari itu. Investor asing turut mencatat aksi beli bersih mencapai Rp509,85 miliar. Melesatnya indeks sektor manufaktur Indonesia turut menjadi katalis penguatan IHSG. (SKO)