<p>Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Diprediksi Overbought, Rekomendasi Saham SMGR, HMSP, dan UNTR

  • CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyatakan bahwa fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Secara teknikal, IHSG akan berada pada rentang 6.202 – 6.378.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih bergerak dalam rentang yang cukup terbatas pada perdagangan Rabu, 3 Maret 2021. Sejumlah sentimen juga akan mengiringi pergerakan IHSG hari ini.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyatakan bahwa fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Secara teknikal, IHSG akan berada pada rentang 6.202 – 6.378.

“Selama IHSG tidak dapat dipertahankan di atas level resistence terdekat, maka peluang konsolidasi masih terbuka lebar,” ujar dia melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Rabu 3 Maret 2021.

Dengan pertimbangan tersebut, William memberikan sejumlah rekomendasi saham yang layak untuk dicermati. Antara lain ICBP, SMGR, INDF, BMRI, ASII, SMRA, dan HMSP.

Terpisah, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama mengafirmasi adanya sinyal positif dari berbagai indikator, kecuali pada stochastic yang mulai menunjukkan jenuh beli alias overbought. Berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance minimum berada pada 6.256,03 – 6.455,53.

“Di sisi lain, terlihat pola bearish spinning top candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG,” paparnya.

Nafan pun merekomendasikan saham-saham yang menurutnya dapat menjadi pertimbangan investor. Di antaranya AALI, BEST, UNTR, WEGE, WSBP, serta WSKT.

Sebelumnya, IHSG berhasil ditutup menguat 0,33% ke level 6.359,21 pada akhir sesi perdagangan Selasa, 2 Maret 2021. Sebanyak 225 saham naik, 253 terkoreksi, dan 162 tak bergerak atau stagnan.

Saham-saham sektor keuangan seperti BBRI, BBCA, dan BMRI masih menjadi saham favorit investor asing. Di sisi lain, saham yang paling banyak dilego asing kemarin yakni GGRM, MDKA, dan ADRO. (SKO)