Layar menampilkan pergerakan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis 12 Januari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Rekomendasi

IHSG Diramal Menguat, Saham MEDC, ADMR dan BRIS Menarik Disimak

  • IHSG berpotensi menguat, Ajaib Sekuritas memberikan rekomendasi terhadap saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS).
Rekomendasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan menguat di kisaran 7.260-7.330 pada perdagangan Senin, 1 April 2024. Ajaib Sekuritas memberikan rekomendasi terhadap saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS). 

Perusahaan efek ini pun menjelaskan bahwa IHSG pada awal bulan April akan dipengaruhi oleh berbagai sentimen dalam negeri maupun mancanagera. Terkait dari dalam negeri, pelaku pasar awal pekan ini tengah memperhatikan rilis data inflasi pada Maret 2024 yang memiliki potensi untuk meningkat.  

“Namun, angka itu masih dalam target Bank Indonesia (BI) sebesar 1,5-3,5%,” demikian pernyataan Ajaib Sekuritas dalam riset harian pada Senin, 1 April 2024.

Dari luar negeri, Ajaib Sekuritas mencatat bahwa indeks konsumen Amerika Serikat (AS) pada Maret 2024, yang tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen versi Universitas Michigan, mengalami peningkatan kembali ke level 79,4. 

“Ini merupakan level tertinggi sejak Juli 2021. Sementara itu, ekspektasi terhadap kondisi ekonomi juga meningkat ke level 82,50 dari 79,4 pada Februari 2024,” ungkapnya. 

Terbang ke wilayah Asia, Ajaib Sekuritas menambahkan indeks PMI manufaktur versi Badan Pusat Statistik China pada Maret 2024 mencapai level ekspansif sebesar 50,8, mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya yang mencatat 49,1. Peningkatan terjadi pada jumlah pesanan baru, aktivitas produksi, dan ekspor. 

“Akselerasi industri manufaktur China seiring dengan kebijakan ekspansif PBoC untuk mendorong ekonomi,” tambah Ajaib Sekuritas.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

Dalam periode singkat, MEDC bergerak stabil tanpa arah yang jelas, namun secara keseluruhan, trennya masih bullish di atas MA (5,20,100). Indikator stochastic menunjukkan kenaikan dalam momentum akumulasi.

  • Buy: 1.430
  • TP: 1.485
  • Stop loss: <1.380

PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR)

ADMR mengalami pergerakan stabil dalam jangka pendek dan bertahan di atas level support di 1.280. Indikator MACD bar histogram menunjukkan pelemahan yang terbatas dalam momentum akumulasi, sementara indikator stochastic naik dari area oversold.

  • Buy: 1.310
  • TP: 1.355
  • Stop loss: <1.280

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS)

BRIS menunjukkan tren utama yang bullish di atas MA (5,20,100). Ada potensi untuk melanjutkan tren bullish dengan pembentukan pola segitiga (triangle pattern). Indikator MACD bar histogram menunjukkan pelemahan yang terbatas dalam momentum akumulasi, sementara indikator stochastic sedang naik.

  • Buy: 2.710
  • TP: 2.800
  • Stop loss: <2.570