Karyawan beraktivitas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu, 29 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

IHSG Hari Ini Diperkirakan Koreksi Wajar, Victoria Sekuritas Pilih Saham AGRO

  • Melalui riset yang dirilis Victoria Sekuritas, resistance IHSG saat ini akan berada pada level 6.672. Sedangkan support Indeks komposit diperkirakan berada pada level 6.507.
Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak mixed dengan potensi melemah pada perdagangan Senin, 18 Oktober 2021. Pelemahan terjadi pascaindeks menguat signifikan pada perdagangan sepekan lalu.

Melalui riset yang dirilis Victoria Sekuritas, resistance IHSG saat ini akan berada pada level 6.672. Sedangkan support Indeks komposit diperkirakan berada pada level 6.507.

Pergerakan tersebut disebabkan IHSG yang telah mengalami penguatan cukup signifikan selama beberapa hari perdagangan terakhir dan pada perdagangan akhir pekan lalu belum berhasil menembus level resistance IHSG di 6.672.

"Sehingga, ada peluang untuk terjadi koreksi sehat terlebih dahulu," tulis tim analis Victoria Sekuritas, Senin, 18 Oktober 2021.

Pada perdagangan Jumat, 15 Oktober 2021, mayoritas Bursa Asia Pasifik ditutup menguat. Pada kesempatan yang sama, IHSG turut ditutup menguat 0,11% ke level 6.633,3 dengan total volume perdagangan sebesar 19,99 miliar saham dan total nilai transaksi sebesar Rp17,59 triliun.

Investor asing mencatatkan net buy sebesar Rp1,50 triliun dengan total beli bersih (net buy) tahun 2021 sebesar Rp33,15 triliun dengan net foreign buy terbesar yaitu pada saham BBRI, BMRI, AGRO, ADRO, dan ITMG. Sementara net foreign sell terbesar yaitu pada saham UNVR, BBNI, SMGR, INDF, dan BBCA.

Wall Streets pada perdagangan akhir pekan lalu turut ditutup menguat dengan penguatan di antaranya terjadi pada indeks Dow Jones 1,09%, NASDAQ 0,50%, dan S&P 500 0,75%. Penguatan didorong oleh rilis data perdagangan ritel bulan September 2021 yang naik 0,7% dan rilis kinerja positif pada emiten jumbo.

Rekomendasi Saham

Saham AGRO pada perdagangan kemarin mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu +7,7%, saat ini saham AGRO berada di area support yaitu di level 2.000 dengan indikator stochastic dan MACD yang sudah berada di area oversold dan terlihat mulai mengarah ke atas.

"Sehingga kami melihat ada peluang untuk saham AGRO mengalami penguatan dan kami merekomendasikan trading buy dengan target price di level 2.080."