<p>Pewarta mengambil gambar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jum&#8217;at, 20 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Justru Diprediksi Rebound Saat PPKM Darurat, Rekomendasi Saham AKRA, ITMG, dan BANK

  • Sejumlah analis menilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih tampak bersifat teknikal rebound pada perdagangan Kamis, 1 Juni 2021. Indeks diprediksi akan mengalami penguatan lanjutan mengawali perdagangan semester kedua tahun ini.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Sejumlah analis menilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih tampak bersifat teknikal rebound pada perdagangan Kamis, 1 Juni 2021. Indeks diprediksi akan mengalami penguatan lanjutan mengawali perdagangan semester kedua tahun ini.

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto mengatakan bahwa IHSG berhasil menguat di atas support 5.947 sehingga indikasi untuk rebound kini lebih jelas. Saat ini, kata dia, IHSG akan menguji level psikologis 6.000.

“Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat pada support resistance 5.947 sampai dengan 6.000,” tulis William melalui riset hariannya, Kamis, 1 Juni 2021.

Berdasarkan analisisnya itu, ia turut merekomendasikan empat saham unggulan yang menurutnya layak untuk dicermati pada perdagangan hari ini. Antara lain AKRA, BANK, INCO, dan MIKA.

Sementara itu, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya menyebut IHSG masih berpeluang mengalami kenaikan pada tentang 5.913 – 6.123. Mengingat, IHSG terlihat cukup kuat menjaga support level terdekatnya.

“Jelang rilis data perekonomian tingkat inflasi pada hari ini disinyalir masih berada dalam kondisi terkendali juga turut memberikan sentimen positif terhadap pergerakan IHSG,” paparnya.

Dengan gambaran itu, ia juga membagikan menu-menu saham yang bisa dijadikan pertimbangan para investor. Di antaranya ITMG, JSMR, GGRM, ASII, TBIG, AKRA, serta SMRA.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 0,61% menuju level 5.985,48 pada perdagangan Rabu, 30 Juni 2021. Dalam sehari, tercatat 253 saham menguat, 240 saham menurun, dan 145 saham ditutup stagnan.

Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan akan memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Kebijakan ini rencananya akan berlangsung mulai 3-20 Juli 2021.

“Hari ini ada finalisasi kajian untuk kita melihat karena lonjakan sangat tinggi, dan kita harapkan selesai karena diketuai oleh Pak Airlangga Menko Ekonomi untuk memutuskan diberlakukannya PPKM darurat,” ujar Jokowi saat membuka Munas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Kendari Sulawesi Tenggara, Rabu, 30 Juni 2021.

Untuk PPKM Darurat ini, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) mengusulkan 15 cakupan pengetatan aktivitas. PPKM Darurat diusulkan diberlakukan untuk daerah yang memiliki nilai 4 dan 3 sesuai acuan WHO. (SKO)