<p>Karyawan melintas dengan latar belakang layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jum&#8217;at, 6 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Mampu Kembali Menguat, Simak Rekomendasi Saham Reliance Hari Ini

  • Potensi penguatan lanjutan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih terbuka lebar pada perdagangan Kamis, 23 September 2021.
Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA - Potensi penguatan lanjutan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih terbuka lebar pada perdagangan Kamis, 23 September 2021.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi memaparkan bahwa IHSG bergerak whipsaw pada level support MA200 dan berpotensi kembali menguat menguji resistance fractal dan upper bollinger bands.

Sementara itu, indikator Stochastic dan RSI masih memberikan momentum bearish yang terlebih dahulu mengonfirmasi dead-cross pada area overbought. Sehingga peluang penguatan IHSG masih terbuka dalam rentang terbatas dengan support resistance 6.082 - 6.152.

"Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya AALI, ACES, ANTM, BBNI, BBRI, BMRI, CTRA, HMSP, INCO, LSIP, MNCN, dan SMCB," ujarnya melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Kamis, 23 September 2021.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 0,78% menuju level 6.108,26 pada perdagangan Rabu, 22 September 2021 dengan pergerakan yang optimistis selama jam perdagangan. Saham ARTO, BBCA, UNVR, BBRI dan TLKM sukses menjadi pendorong penguatan IHSG hingga akhir sesi kemarin.

Indeks sektor transportasi, energi, dan keuangan memimpin penguatan secara sektoral. Sementara itu, investor asing melakukan aksi beli bersih net buy) sebesar Rp495,76 miliar dengan saham BBRI, BBCA dan TLKM menjadi top net buy value.

Meredanya kasus COVID-19 di dalam negeri serta didukung penurunan level PPKM dan angka vaksinasi yang telah naik signifikan disinyalir menjadi salah satu faktor optimisme investor.