Karyawan memperhatikan layar  pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa, 27 Juli 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

IHSG Masih Lesu, Rekomendasi Saham ROTI, TBIG, dan SMRA

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih berada dalam dalam fase konsolidasi jangka panjang pada perdagangan Kamis, 29 Juli 2021.
Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih berada dalam dalam fase konsolidasi jangka panjang pada perdagangan Kamis, 29 Juli 2021. Minimnya katalis positif membuat pasar modal Indonesia agak lesu pada hari ini.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksikan IHSG akan bergerak pada rentang support resistance 5.948 – 6.123. Ia juga belum melihat adanya sentimen yang dapat mendongkrak kenaikan indeks dalam beberapa waktu ke depan.

Sementara itu, lanjut William, capital inflow belum terlihat bertumbuh secara signifikan. Di samping itu, perputaran roda perekonomian masih dalam kondisi melambat. Menurutnya, hal ini cukup menjadi tantangan untuk dapat mendorong kenaikan IHSG.

“Dengan catatan tersebut, hari ini IHSG berpotensi berada dalam tekanan,” ujarnya melalui riset harian yang diterima Trenasia.com, Kamis, 29 Juli 2021.

Di tengah kondisi itu, ia tak lupa membagikan menu-menu saham yang menurutnya layak untuk disimak dan dapat menjadi pertimbangan investor. Di antaranya ICBP, BMRI, BBCA, AALI, ROTI, TBIG, dan SMRA.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah 0,14% ke level 6.088,52 hingga akhir sesi perdagangan Rabu, 28 Juli 2021. Dalam sehari, terdapat 187 saham menguat, 305 saham terkoreksi, dan 158 saham ditutup tanpa mengalami perubahan harga.

Pada perdagangan tersebut, IHSG sempat kembali menuju level psikologis 6.100 dengan level tertinggi 6.116,51. Sedangkan level terendahnya pada 6.074,87. Adapun kapitalisasi seluruh pasar senilai Rp7.279,99 triliun.