<p>Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Mixed di Akhir Pekan, Saham Pilihan INDF, AALI, dan PMMP

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan bergerak di rentang konsolidasi pada perdagangan Jumat, 2 Juli 2021. Sentimen positif juga belum tampak menghampiri pasar modal Indonesia di awal semester kedua tahun ini.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan bergerak di rentang konsolidasi pada perdagangan Jumat, 2 Juli 2021. Sentimen positif juga belum tampak menghampiri pasar modal Indonesia di awal semester kedua tahun ini.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyatakan bahwa IHSG berpotensi bergerak terkonsolidasi pada rentang 5.913 – 6.123. Belum adanya capital inflow yang masuk ke pasar modal secara signifikan masih akan memengaruhi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

“Momentum koreksi wajar masih dapat terus dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan trading ataupun investasi jangka pendek,” tulis William melalui riset hariannya, Jumat, 2 Juli 2021.

Dengan analisis tersebut, ia tak lupa membagikan menu-menu yang menurutnya layak dicermati dan berpeluang menghasilkan profit. Di antaranya BBNI, ICBP, AALI, UNVR, INDF, ASII, WIKA, dan JSMR.

Sementara itu, Analis Panin Sekuritas William Hartanto justru memproyeksikan IHSG dapat melanjutkan penguatannya pada perdagangan di akhir pekan ini. Hal ini setelah indeks komposit berhasil menembus level psikologis 6.000 pada akhir sesi perdagangan kemarin.

“Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat pada rentang 5.947 sampai dengan 6.114,” papar William.

Berdasarkan gambaran itu, ia turut merekomendasikan sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan para investor. Setidaknya, terdapat empat saham unggulan William, yaitu DSNG, INDF, MAIN, serta PMMP.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 0,34% menuju level 6.005,96 pada akhir perdagangan Kamis, 1 Juli 2021. Sepanjang perdagangan tersebut, tercatat 215 saham menguat, 259 saham menurun, dan 163 lainnya berada pada posisi stagnan. (SKO)