Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin, 22 November 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Bursa Saham

IHSG Naik di Hari Pertama Kerja Presiden Prabowo, Ini Saham Rekomendasinya

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatat kenaikan signifikan pada sesi pertama perdagangan hari ini, Senin, 21 Oktober 2024, setelah pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia. Pelaku pasar terlihat merespons positif terhadap transisi pemerintahan ini.

Bursa Saham

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatat kenaikan signifikan pada sesi pertama perdagangan hari ini, Senin, 21 Oktober 2024, setelah pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia. Pelaku pasar terlihat merespons positif terhadap transisi pemerintahan ini.

Hal tersebut tergambar dari seluruh indeks sektoral di IHSG yang mengalami kenaikan, dengan dengan sektor teknologi mencatat penguatan terbesar, melonjak 1,7%. Sementara itu, indeks composite melesat 20,585 poin atau 0,57% ke level 7.789,645.

Lalu, bagaimana dengan rekomendasi pasar dan saham pada pekan ini? Analis Community Lead Indo Premier Sekuritas (Ipot), Angga Septianus menyatakan bahwa pengumuman kabinet baru menjadi perhatian utama bagi investor, baik domestik maupun asing.

Selain itu, rilis laporan keuangan emiten untuk kuartal III-2024 juga diantisipasi oleh para trader. "Investor perlu memantau rilis laporan keuangan yang akan keluar menjelang akhir Oktober, serta pengumuman kabinet baru yang dapat memengaruhi posisi saham terkait kebijakan Presiden Prabowo ke depan," jelas Angga dalam pernyataannya, Minggu, 21 Oktober 2024.

Angga pun merekomendasikan saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA). Sementara itu, saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) mendapatkan prospek positif dari Ipot.

"Sektor bahan baku seperti semen mendapat dorongan positif karena rencana Presiden Prabowo untuk membangun 15 juta rumah, yang dapat meningkatkan permintaan semen sebagai bahan konstruksi," tambah Angga.

Sementara itu, dari susunan Kabinet Merah Putih yang berisi 109 menteri dan wakil menteri, termasuk Sri Mulyani Indrawati yang kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan, mendapat perhatian khusus dari para pelaku pasar.

Oleh sebab itu, kata Kiwoom Sekuritas, saham-saham yang terkait dengan sektor keuangan, seperti PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), layak dipertimbangkan untuk dikoleksi pekan ini.

Selain itu, saham-saham seperti PT Telkom Indonesia (Persero) (TLKM), dan PT Aspirasi Hidup Indonesia (ACES). Selain itu, saham PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), PT Indofood Sukses Makmur (INDF), PT Charoen Pokphand Indonesia (CPIN), dan PT Japfa Comfeed Indonesia (JPFA) juga layak dipertimbangkan.