<p>Karyawan beraktivitas dengan latar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

IHSG Tampak Pola Upward Bar, Rekomendasi Saham LSIP, PWON, dan INDF

  • Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyatakan adanya sinyal positif yan ditunjukkan dari berbagai indikator. Secara teknikal, kata dia, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan Kamis, 4 Maret 2021. Kendati begitu, sejumlah sentimen negatif akan turut membayangi laju IHSG pada hari ini.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyatakan adanya sinyal positif yan ditunjukkan dari berbagai indikator. Secara teknikal, kata dia, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG.

“Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance minimum berada pada 6.256,03 hingga 6.455,53,” paparnya melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Kamis 4 Maret 2021.

Dengan potensi penguatan itu, Nafan turut merekomendasikan sejumlah saham yang menurutnya dapat menjadi pertimbangan investor. Di antaranya BBNI, LPKR, LSIP, MEDC, PTRO, WEGE, dan WIKA.

Di sisi lain, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyebut bahwa IHSG hingga saat ini masih menunjukkan pola penguatan dalam jangka pendek. Namun, potensi penguatan terlihat sudah cukup terbatas, sehingga peluang koreksi wajar semakin terbuka lebar.

Ia bilang, fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas masih akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Hari ini, ia memperkirakan indeks komposit akan bergerak pada rentang 6.288 – 6.432.

“Hari ini IHSG berpotensi bergerak terbatas,” ucap William, dikutip dari prediksi IHSG harian miliknya.

William juga membagikan sejumlah menu saham yang menurutnya layak dicermati dan berpotensi cuan. Antara lain ASII, PWON, UNVR, BBRI, INDF, AKRA, serta BJTM.

Sebelumnya, IHSG berhasil ditutup menguat 0,28% sebesar 17,55 poin ke level 6.376,76 pada penutupan perdagangan Rabu, 3 Maret 2021. Sebanyak 212 saham naik, 268 koreksi, dan sisanya sebanyak 160 saham stagnan.

Saham-saham industri perbankan masih menjadi incaran asing dalam beberapa hari terakhir. Berdasarkan data RTI, saham yang paling banyak diborong asing yakni BBRI, BBCA, dan BMRI pada perdagangan kemarin. (SKO)