<p>Karyawan melintas di depan layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin, 21 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Bursa Saham

IHSG Terkonsolidasi di Awal Pekan, Rekomendasi Saham Mirae: ERAA, ABBA, dan FREN

  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal diperdagangkan pada rentang konsolidasi, Senin, 6 September 2021.
Bursa Saham
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal diperdagangkan pada rentang konsolidasi, Senin, 6 September 2021. Sentimen dari dalam maupun luar negeri akan turut membayangi pergerakan indeks pada perdagangan hari ini.

Head of Research Mirae Asset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya mengatakan penguatan sektor perbankan pada akhir pekan lalu merupakan respons atas keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperpanjang masa relaksasi restrukturisasi kredit perbankan.

Menurutnya, kebijakan ini dapat membantu bank untuk menghindari potensi kredit bermasalah (non-performing loan/NPL). Di sisi lain, kata dia, investor akan mencermati keputusan pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sore ini. 

“Ada ruang bagi pemerintah untuk menerapkan pembatasan sosial yang lebih longgar karena kasus COVID-19 baru setiap hari, kematian, dan rawat inap terus menurun,” ujarnya melalui riset yang diterima TrenAsia.com, Senin, 6 September 2021.

Hariyanto melanjutkan, indeks ekuitas Amerika Serikat (AS) ditutup mixed pada hari akhir pekan lalu sebagai tanggapan terhadap laporan pekerjaan yang lebih lemah dari perkiraan. Laporan non-farm payrolls juga hanya naik 235.000 pada Agustus 2021, kenaikan terkecil dalam tujuh bulan terakhir.

Meskipun non-farm payrolls mengecewakan, sentimen risiko tetap didukung oleh ekspektasi bahwa kemunduran dalam perekrutan pekerja dapat menunda rencana the Fed untuk tapering. Sedangkan, imbal hasil treasuri AS 10 tahun meningkat 3 bps menjadi 1,32%. 

Senior Technical Analyst Mirae Asset Tasrul Tanar menyatakan indikator MFI dan RSI memberikan sinyal optimistis dan masih cenderung menguat. Begitu pula pada periode mingguan, kedua indikator tersebut masih bergerak naik.

Daily support di 6.103 dan daily resistance di 6.166. Sedangkan, cut loss level berada pada 6.050,” imbuhnya.

 

Rekomendasi Saham

- ERAA Daily, 590(+2.61%), trading buy,  trading range 575 – 605. Indikator MFI optimized akan menguji support trend line dan indikator RSI optimized masih bergerak naik. Daily support di 575 dan daily resistance di 605. Cut loss level di 550

- ABBA Daily, 615 (-6.11%), buy on weakness, trading range 600 – 660. indikator MFI optimized dan indikator RSI optimized mulai terbatas. Daily support di 600 dan daily resistance di 660. Cut loss level di 570.

- FREN Daily, 128 (+3.23%), buy on weakness, trading range 123 – 132. Indikator MFI optimized dan RSI Optimized masih bergerak naik. Perkiraan daily support di 123 dan daily resistance terdekat di 132. Cut loss level di 120.