Pedagang mengoperasikan gawai di salah kios pasar tradisional kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Selasa, 7 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

IKK Menguat ke Angka 113,4, Konsumen Mulai Optimistis terhadap Pemulihan Ekonomi

  • Konsumen mulai melihat perbaikan atas pemulihan ekonomi nasional. Hal ini tercermin dari survei Bank Indonesia (BI). Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2021 sebesar 113,4, lebih tinggi dibandingkan 95,5 pada September 2021.
Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Konsumen mulai melihat perbaikan atas pemulihan ekonomi nasional. Hal ini tercermin dari survei Bank Indonesia (BI) pada Oktober 2021 yang mengindikasikan optimisme konsumen terus menguat, sejalan dengan perbaikan mobilitas masyarakat.

Tercatat, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2021 sebesar 113,4, lebih tinggi dibandingkan 95,5 pada September 2021. “Angka ini kembali berada pada area optimistis,” tulis BI dalam keterangan resmi seperti dikutip, Selasa, 9 November 2021.

Kenaikan IKK tersebut terpantau pada seluruh kategori pengeluaran, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden. Secara spasial, IKK juga meningkat hampir di seluruh kota yang disurvei. Adapun wilayah tertinggi adalah Banten, Makassar dan Banjarmasin.

Survei tersebut menjelaskan, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, terutama terhadap lapangan kerja dan penghasilan.

Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat, seiring berlanjutnya pelonggaran mobilitas di berbagai wilayah Indonesia.

“Pada Oktober 2021, persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini terpantau membaik dibandingkan enam bulan yang lalu,” tulis keterangan tersebut.

Hal ini ditengarai oleh relaksasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai kota, khususnya wilayah Jawa dan Bali.

Adapun Indeks Penghasilan periode Oktober 2021 meningkat pada seluruh kategori pengeluaran, dengan indeks tertinggi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran lebih dari Rp5 juta per bulan.

Ke depan, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pun diprediksi akan menguat, didukung oleh kenaikan penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja, dan ekspektasi kegiatan usaha.