Ilustrasi IKN
Nasional

IKN Bakal Dilengkapi Fasilitas Training Center untuk Timnas

  • Fasilitas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal semakin lengkap dengan rencana pembangunan pemusatan latihan (training center) untuk Timnas.

Nasional

Chrisna Chanis Cara

JAKARTA—Fasilitas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal semakin lengkap dengan rencana pembangunan pemusatan latihan (training center) untuk Timnas. Gagasan tersebut muncul dari Presiden Joko Widodo saat bersua pengurus baru PSSI di Istana Merdeka, Jakarta.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan Presiden menghendaki adanya training center untuk menggembleng Timnas di IKN. Namun pihaknya belum mengetahui persis lokasi dan luasan bakal training center tersebut.

“Satu-dua hari ini kami akan ke IKN untuk melihat potensi lokasi training center,” ujar Erick dalam keterangan persnya, Senin 20 Februari 2023, dikutip TrenAsia. 

Pihaknya mengaku antusias dengan gagasan tersebut. Erick menilai kolaborasi antara PSSI dan pemerintah sangat dibutuhkan untuk memajukan sepak bola Nasional. Menurut Erick, pembangunan pemusatan latihan di jantung ibukota baru menjadi langkah konkrit untuk membangun pondasi sepak bola yang baik. 

“Ini kerja sama, bukan intervensi,” tegas Erick. 

Ketiadaan pemusatan latihan mandiri menjadi salah satu problem Timnas dari waktu ke waktu. Presiden Jokowi hingga pelatih Timnas, Shin Tae Yong sempat menyoroti hal tersebut kaitannya dengan pembinaan Timnas. Jokowi menyebut Timnas setidaknya butuh lima lapangan dalam satu lokasi untuk menunjang hal tersebut.