Ilustrasi IKN
Infrastruktur

IKN Segera Groundbreaking Proyek Tahap III Senilai Rp10 T

  • Dengan direncanakannya groundbreaking ketiga, nilai investasi total di IKN pada tahun 2023 telah mencapai Rp45 triliun. Rinciannya yakni investasi Rp35 triliun pada groundbreaking tahap pertama dan kedua sedangkan sisanya pada tahap ketiga.

Infrastruktur

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Otoritas Ibu Kota Negara (OIKN) menyatakan IKN Nusantara bakal melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) tahap ketiga dengan nilai investasi mencapai Rp10 triliun. 

Rencananya, peletakan batu pertama bakal digelar pada bulan Desember 2023 mendatang. Hal itu dipaparkan Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam jumpa pers, Senin 20 November 2023. “Targetnya di bulan Desember itu adalah groundbreaking selanjutnya,” ujar Agung.

Pihaknya menyebut terdapat tiga kategori bangunan yang bakal dilakukan peletakan batu pertama tahap ketiga itu meliputi green forest city, pusat perbelanjaan hingga gedung lembaga negara. 

Rencananya terdapat kawasan supermarket, toko grosir serta perhotelan dan pengembang property yang bakal dibangun. Untuk lembaga negara, Agung menyebut bakal dibangun Gedung untuk OJK, LPS, BPJS Kesehatan, serta rumah sakit dari Kementerian Kesehatan.

Dengan direncanakannya groundbreaking ketiga, nilai investasi total di IKN pada tahun 2023 telah mencapai Rp45 triliun. Rinciannya yakni investasi Rp35 triliun pada groundbreaking tahap pertama dan kedua sedangkan sisanya pada tahap ketiga.

Terkait dengan investor yang bakal menanamkan investasinya ke IKN, Agus menyebut terdapat pihak asing yang telah masuk ke IKN. Mereka menjadi mitra dari para investor domestik. Namun, pihaknya mengakui secara kelembagaan belum ada investor asing yang masuk ke IKN, sesuai pernyataan Presiden Joko Widodo belum lama ini. 

Hingga saat ini, OIKN telah menerima 305 Legal of Intern (Lol) guna berinvestasi di IKN. Rinciannya terdapat 172 dari Indonesia, 27 dari Singapura, 25 dari Jepang, 19 dari Malaysia, 19 dari China, 9 dari Korea Selatan, 7 dari Amerika Serikat, 3 dari Spanyol, 3 dari Finlandia, 2 dari Uni Emirat Arab, 2 dari Thailand, 2 dari Jerman, dan 18 berasal dari lainnya.

Sebelumnya, Presiden melakukan groundbreaking kedua di IKN pada 1-2 November 2023 dengan nilai investasi Rp12,5 triliun. Infrastruktur yang diresmikan pembangunannya oleh Presiden meliputi fasilitas Bandara, rumah sakit, hingga fasilitas pendidikan. 

Presiden juga meninjau pembangunan jalan tol penghubung IKN dengan Balikpapan dalam kesempatan tersebut. Adapun groundbreaking pertama dengan nilai investasi Rp23 triliun telah dilakukan pada 21-22 September 2023. 

Pada groundbreaking tahap pertama itu terdapat fasilitas mal, hotel, perkantoran serta kontribusi tanaman dan ruang terbuka hijau yang dibangun oleh 10 konsorsium Nusantara. Terdapat pula lapangan sepak bola dengan standar internasional FIFA hingga Pertamina sustainable energy center yang dibangun pada tahap pertama itu.