elon musk
Tekno

Ikut Bertarung di Dunia AI, Elon Musk Luncurkan xAI

  • Perusahaan yang bernama xAI ini mengumumkan peluncuran perusahaannya dengan meluncurkan situs web

Tekno

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - Elon Musk pada Rabu 12 Juli 2023, umumkan perusahaan barunya yang berfokus pada kecerdasan buatan (AI). Musk sendiri sebelumnya diketahui memiliki rencana menciptakan AI untuk saingan ChatGPT.

Perusahaan yang bernama xAI ini mengumumkan peluncuran perusahaannya dengan meluncurkan situs web. Situs web ini sekaligus memperkenalkan 12 tim di balik perusahaan yang memiliki tujuan “memahami sifat sebenarnya dari alam semesta” ini. 

xAI akan dipimpin oleh Musk dan dibantu dengan para pekerja yang sudah berpengalaman. Situs web ini menyebutkan para pekerja sebelumnya bekerja di DeepMind, OpenAI, Google Research, Microsoft Research, Tesla, dan University of Toronto. Situs web xAI menyebutkan, dalam perjalanannya perusahaan akan berada di bawah bimbingan Dan Hendrycks yang saat ini bekerja sebagai director of the Center for AI Safety.

Musk merupakan pendukung awal OpenAI, pencipta ChatGPT, namun kemudian mengkritik perusahaan tersebut karena memasukkan perlindungan dengan tujuan mencegah chatbot memberikan tanggapan yang bias atau seksis.

Mengutip dari CNN International, dalam wawancara dengan Tucker Carlson pada bulan April, Musk mengatakan rencana untuk usaha AI barunya. “Kita akan memulai sesuatu yang saya sebut TruthGPT,” katanya, menggambarkannya sebagai “AI pencari kebenaran maksimum” yang “peduli untuk memahami alam semesta.”

TIME melaporkan, perusahaan belum mengatakan bagaimana pendanaan perusahaan ini. Namun, Financial Times melaporkan pada bulan April bahwa Musk sedang mendiskusikan untuk memperoleh pendanaan dari investor di SpaceX dan Tesla, dua perusahaan miliknya.

Musk belum menjelaskan lebih lanjut tentang perusahaan barunya ini. Namun, 14 Juli 2023 mendatang, situs resmi xAI menyebutkan akan membuka tanya jawab di Twitter Space. 

Mengutip dari situs resminya, xAI akan bekerja sama dengan Twitter atau yang sekarang disebut X Corp, Tesla, dan perusahaan-perusahaan lainnya “demi membuat kemajuan menuju misi kami” kata xAI dalam situsnya.

Musk sendiri sudah memiliki sejumlah perusahaan seperti Twitter, Tesla, SpaceX, Neuralink, dan The Boring Company.