<p>Ilustrasi Indofood Tower di Sudirman, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Ikut Serta Terapkan ESG, Indofood Sukses Makmur (INDF) Fokus Hadirkan Produk Aman dan Bergizi

  • PT Indofood Sukses Makmur Tbk ikut turut serta menjadi perusahaan makanan dan minuman yang menerapkan konsep-konsep environmental, social, dan governance (ESG).
Korporasi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Indofood Sukses Makmur Tbk ikut turut serta menjadi perusahaan makanan dan minuman yang menerapkan konsep-konsep environmental, social, dan governance (ESG).

Indofood berkomitmen menghadirkan produk pangan yang dapat menjangkau semua kalangan dengan memperhatikan segala aspek. Mulai dari pengembangan produk hingga pemasaran produk ke konsumen.

Penerapan ESG dirasa Indofood penting dalam kegiatan bisnis maupun investasi karena penerapan ESG dapat mendukung keberlanjutan bisnis.

Dilansir dari laporan keberlanjutan 2021, progres kinerja yang digapai Indofood Sukses Makmur fokus pada memenuhi standarisasi dan kepatuhan dalam menyediakan produk yang aman dan bermutu bagi para konsumen.

Dengan melakukan penilaian risiko keamanan produk dan mitigasinya, hal ini guna memastikan penerapan standar keamanan pangan dan pengawasan mutu di setiap produk yang ada.

Menghadirkan produk dengan gizi yang baik

Indonesia menghadapi tiga beban masalah gizi, yaitu kurang gizi, kelebihan berat badan dan obesitas, serta kekurangan zat gizi mikro.

Oleh karena itu Indofood berupaya untuk membantu menyediakan produk dengan kandungan gizi terbaik bagi konsumen. Cara yang digapai ialah dengan meningkatkan kandungan zat gizi mikro dalam produk.

Lalu mengurangi gula, garam dan lemak (GGL) dalam produk, hal ini dilakukan sebagai langkah mengurangi masalah kesehatan yang disebabkan tingginya konsumsi GGL.

Pada tahun 2021, Indofood meluncurkan produk baru mi instan Supermi Nutrimi, enam produk Indomilk dan satu produk susu Milkuat yang memperoleh logo “Pilihan Lebih Sehat”.

Sehingga menambah daftar produk yang masuk dalam kategori “Pilihan Lebih Sehat” yang sebelumnya sudah diperoleh dari 12 produk susu.

Tak ketinggalan dari sisi konsumen, Indofood menghadirkan edukasi bagi konsumen hingga penyediaan umpan balik konsumen serta menghadrikan sertifikasi produk halal dalam produk Indofood.

Dari sisi lingkungan Indofood mengupayakan melakukan renewable energy 66,4%, lalu melakukan penurunan intensitas energi sebanyak 10%, penurunan intensitas emisi GRK hingga 6,1% dan penurunan intensitas air hingga 6%.

Selain itu perusahaan makanan minuman ini juga melakukan penurunan intensitas limbah B3 11,4% semua ini dibandingkan dengan tahun acuan 2018.

Perseroan juga turut mengambil bagian dalam upaya mengurangi sampah kemasan produk dan sampah plastik. Dengan berpedoman pada prinsip-prinsip keberlanjutan, Indofood yakin akan menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat kedepannya.