Girl Grup K-pop NewJeans
Hiburan

Ikuti BLACKPINK, NewJeans Jadi Girl Grup K-pop yang Puncaki Billboard

  • Girl grup Korea Selatan, NewJeans, meraih pencapaian penting dengan menduduki puncak tangga album utama Billboard 200 untuk kali pertama sejak debutnya setahun lalu.
Hiburan
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Girl grup Korea Selatan, NewJeans, meraih pencapaian penting dengan menduduki puncak tangga album utama Billboard 200 untuk kali pertama sejak debutnya setahun lalu.

Berdasarkan chart terbaru yang diungkapkan pada hari Rabu (waktu AS), mini album ke-2 NewJeans yang berjudul “Get Up” secara resmi debut di posisi teratas daftar tersebut.

Dilansir melalui Yonhap pada Kamis 3 Agustus 2023, prestasi luar biasa ini menjadikan mereka sebagai girl grup K-pop kedua yang mencapai pencapaian serupa setelah BLACKPINK.

Hal ini juga menandai debut pertama grup pendatang baru di Billboard 200. Billboard 200 menempatkan album-album paling populer dalam seminggu di Amerika Serikat, diukur berdasarkan unit album setara, yang mencakup dari penjualan album fisik dan rekor penjualan digital lainnya.

Billboard menyatakan bahwa "Get Up" berhasil meraih 126.500 unit album setara di Amerika Serikat, sebagian besar didorong oleh penjualan CD. Grup K-pop ini juga mencatatkan tiga lagu masuk dalam tangga lagu Billboard Hot 100 pekan ini.

Ini merupakan kali pertama seorang girl grup K-pop berhasil menempatkan lebih dari dua lagu dalam tangga lagu (chart) secara bersamaan. Grup BTS, yang merupakan boy grup K-pop, saat ini adalah satu-satunya artis K-pop yang telah mencapai tonggak sejarah tersebut.

Lagu pra-rilis dari album NewJeans yang berjudul “Super Shy” naik ke posisi 48, naik 16 tempat dari minggu sebelumnya, sementara lagu dengan judul “ETA” dan “Cool With You” menempati posisi 81 dan 93 secara berturut-turut.

Keenam lagu dari EP (mini album) tersebut masuk dalam tangga lagu Billboard Global 200. “Super Shy” menduduki posisi ke-3, naik dua tempat dari pekan sebelumnya. Sementara “ETA” dan “Cool With You” menempati posisi ke-12 dan ke-22 secara berturut-turut. Selain itu, “New Jeans” berada di posisi ke-25, diikuti oleh “ASAP” di posisi ke-33 dan “Get Up” di posisi ke-57.