Tekno

Ikuti Jejak TikTok, Instagram Bakal Punya Fitur Baru Belanja Seperti e-Commerce

  • Sebelumnya, media sosial asal China TikTok diketahui telah terlebih dahulu mengembangkan konsep berbelanja langsung lewat media sosial
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Aplikasi berbagi foto, Instagram telah lama digunakan sebagai salah satu media promosi bagi sejumlah penggiat UMKM. 

Sayangnya, hal ini hanya terbatas pada promosi. Untuk pembelian produk, biasanya masih dialihkan ke e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee.

Berlandaskan hal tersebut, kini Instagram dikabarkan telah memberi fitur baru pada aplikasinya untuk mempermudah transaksi jual beli antara pelanggan dan pemilik usaha.

Mengutip Reuters pada Selasa, 19 Juli 2022, tranksaksi bisa dilakukan dengan mengirim pesan secara langsung pada pengguna yang sudah terverifikasi sebagai akun bisnis oleh Instagram.

Pada pesan langsung, para penjual dan pembeli bisa menambahkan penyesuaian yang diperlukan sebelum akhirnya memesan dan mengonfirmasi pembayaran.

Tak perlu Khawatir ditipu, pembeli dapat melacak barang pesanan dan mengajukan sejumlah pertanyaan di utas obrolan.

Ditambahkannya fitur pemesanan pada Instagram semakin membuka peluang bahwa saat ini Meta, induk perusahaan Instagram tengah memperluas bisnisnya ke sektor e-commerce.

Sebelumnya pada 2020, raksasa media sosial itu meluncurkan Toko sebagai cara bagi orang untuk menemukan dan membeli produk di Facebook dan Instagram.

Fitur baru Instagram juga akan memungkinkan penggunaan layanan pembayaran Meta, Meta Pay untuk menyelesaikan pembelian, kata perusahaan itu.

Sudah Ada di Tiktok

Sebelumnya, media sosial asal China TikTok diketahui telah terlebih dahulu mengembangkan konsep berbelanja langsung lewat media sosial.

Lewat fitur TikTok Shop, sejumlah kreator dan pelaku UMKM seringkali melakukan live streaming untuk menawarkan produk yang mereka jual. Produk tersebut dapat langsung dibeli melalui tautan barang dagangan yang tersedia saat live berlangsung.

Menariknya lagi, TikTok Shop menyediakan beragam diskon mulai dari potongan harga hingga potongan ongkos pengiriman hingga nominal tertentu. Karenanya, tak jarang membeli produk lewat TikTok Shop akan lebih murah dibanding belanja lewat e-commerce.