robot star 1.jpg
Tekno

Ilmuwan China Ciptakan Robot Humanoid Tercepat di Dunia

  • Didukung oleh motor torsi tinggi dan algoritma kecerdasan buatan (AI), STAR1 yang mengenakan alas kaki menjelajahi berbagai jenis medan.

Tekno

Amirudin Zuhri

JAKARTA- Para ilmuwan China telah mendemonstrasikan robot humanoid baru yang dapat berlari dengan kecepatan tertinggi lebih dari 12,8 km per jam  atau tepatnya 3,6 meter per detik. Ini menjadikannya mesin tercepat dari jenisnya yang pernah dibuat sejauh ini, meskipun kecepatan ini hanya dicapai dengan bantuan alas kaki tambahan.

Robot tersebut dikenal sebagai STAR1. Sebuah robot bipedal yang dibuat oleh perusahaan China Robot Era yang tingginya 171 sentimeter dan beratnya 65 kilogram.

Dalam video promosi yang dirilis perusahaan Sabtu 19 Oktober 2024 menunjukkan, tim tersebut mengadu dua robot STAR1 di Gurun Gobi di barat laut China . Mereka memberi salah satu model sepasang sepatu kets untuk melihat apakah ini akan membuatnya berlari lebih cepat.

Didukung oleh motor torsi tinggi dan algoritma kecerdasan buatan (AI), STAR1 yang mengenakan alas kaki menjelajahi berbagai jenis medan. Termasuk padang rumput dan kerikil sambil jogging di jalan beraspal dan tanah, dan mempertahankan kecepatan tertingginya selama 34 menit.

Kecepatan tertinggi 12,8 km per jam berarti dia mengalahkan robot H1 milik Unitree . Robot ini mencetak rekor kecepatan sebelumnya untuk robot bipedal pada 11,9 km per jam (3,3 m/detik) pada Maret 2024. 

Menurut situs web Robot Era  STAR1 didukung oleh perangkat keras AI yang memiliki daya pemrosesan 275 triliun operasi per detik atau  trillion operations per second (TOPS). Ini jauh lebih tinggi daripada jumlah daya pemrosesan AI yang biasa Anda temukan di banyak laptop terbaik  yang berkisar antara 45 dan 55 TOPS. Robot ini juga memiliki 12 derajat kebebasan. Angka yang mengacu pada jumlah sendi yang dimilikinya dan rentang gerakan yang dapat dilakukannya.

STAR1 hanyalah salah satu dari sekian banyak robot humanoid yang dipamerkan oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia dalam beberapa bulan terakhir. Robot-robot tersebut meliputi robot Optimus Gen-2 milik Tesla, robot Figure 01 yang didukung AI, dan Atlas baru milik Boston Dynamics.