Salah satu proyek yaitu Jalur ganda Solo-Kadipiro-Kalioso
Nasional

Imbas Penutupan Simpang Joglo, Pemkot Solo Mundurkan Jam Masuk Sekolah

  • Imbas penutupan Simpang Joglo, Pemkot Solo langsung memundurkan kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) menjadi pukul 07.30 WIB.

Nasional

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memutuskan untuk memundurkan kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) menjadi pukul 07.30 WIB. Kebijakan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan akibat penutupan Simpang Joglo.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan kebijakan ini hanya berlaku untuk 24 SD yang terdampak kemacetan Simpang Joglo. Lalu untuk KBM siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) tetap dilaksanakan seperti biasanya, yakni pukul 07.00 WIB.  

"Dibedakan 30 menit ya, jam pulangnya ya menyesuaikan," ungkap Gibran dikutip TrenAsia.com dari Antara, Senin 24 Juli 2023. 

Ia juga menjelaskan kebijakan ini masih berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan, lantaran pasca tanggal 17 Juli arus lalu lintas di Simpang Joglo sudah mulai lancar.

"Saya lihat pasca-tanggal 17 penumpukan kendaraan sudah tidak terlalu parah seperti sebelumnya," terang Gibran.

Selaras dengan Gibran, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta Dian Rinetta mengatakan perubahan jam masuk sekolah akan dievaluasi setiap 3 hari sekali. Hal ini seiring dengan perkembangan lalu lintas Simpang Joglo. 

"Nanti ketentuan tersebut akan dievaluasi 3-5 hari sekali. Kalau masih terjadi kemacetan akan diperluas ke sekolah-sekolah yang mengalami perubahan jadwal kegiatan belajar mengajar," kata Dian. 

Adapun perubahan jam KBM untuk siswa SD dan SMP yang terdampak kemacetan Simpang Joglo tertuang pada surat pemberitahuan No. KP.06.02/4109/VII/2023. 

Dalam surat edaran tersebut, para guru disarankan untuk datang lebih awal dan jam pulang siswa juga menyesuaikan masing-masing sekolah yang terdampak kemacetan tersebut. 

Lalu, saat disinggung apakah ada perubahan jam masuk aparatur sipil negara?  Pihaknya mengatakan jam masuk ASN tetap seperti pada umumnya. 

“Untuk jam kerja aparatur sipil negara (ASN) tidak mengalami perubahan,” katanya.

Daftar Sekolah Terdampak Macet

  1. SD Negeri Joglo, Banjarsari
  2. SD Negeri Kadipiro, Banjarsari
  3. SD Negeri Sambirejo
  4. SD Negeri Sekip
  5. SD Negeri Gebang
  6. SD Neger Banyuagung 1
  7. SD Negeri Banyuagung 2
  8. SD Negeri Nusukan
  9. SD Negeri Nusukan Barat
  10. SD Negeri Prawit 1
  11. SD Negeri Prawit 2
  12. SD Negeri Tirtoyoso
  13. SD Al Islam 3 Gebang
  14. SD Al Islam 4 Kadipiro
  15. SD Muhammadiyah 3 Nusukan
  16. SD Muhammadiyah 22 Sruni
  17. SDK Santo Valentinus
  18. SD Kristen Manahan
  19. SD Kristen Kalam Kudus
  20. SDII Al Abidin
  21. SD ICT Al Abidin
  22. SD TQ Al Abidin
  23. SDIT Mujahidin
  24. SDTQ Mujahidin.