<p>Kantor IMF/Foto: New York Time</p>
Nasional

IMF Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia akan Lebih Lambat Dibanding Tetangga

  • Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memproyeksikan pertumbuhan Indonesia akan lebih lambat dibandingkan beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Nasional
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA – Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memproyeksikan pertumbuhan Indonesia akan lebih lambat dibandingkan beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Dalam laporan bertajuk World Economic Outlook: Managing Divergent Recoveries yang dirilis Rabu, 7 April 2021, IMF memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh 4,3% tahun ini.

IMF memperkirakan Indonesia akan tertinggal dibandingkan negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi di Filipina tahun ini mencapai 6,9% atau tertinggi di Asia Tenggara. Kemudian disusul oleh Malaysia dan Vietnam yang sama-sama berada di angka 6,5%.

Indonesia hanya unggul dari Thailand dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi sebesar 2,6%. Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi di lima negara ini dapat mencapai mencapai 4,9%.

Adapun pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini sebesar 4,9%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan IMF baru akan melonjak pada 2022.

IMF menempatkan proyeksi pertumbuhan Indonesia pada tahun depan sebesar 5,8%. Angka ini di atas proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2022 yang sebesar 3,4%.

Kendati demikian, pertumbuhan ekonomi akan lebih kencang dialami oleh Vietnam dengan 7,2% pada 2022. Sementara IMF meramal pertumbuhan ekonomi Filipina dan Malaysia pada 2022 masing-masing sebesar 6,5% dan 6%.

Thailand diperkirakan masih belum dapat melampaui pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan. Pertumbuhan Ekonomi di Negeri Gajah Putih pada tahun depan diprediksi hanya sebesar 5.6%.

Proyeksi IMF untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini tidak jauh berbeda dengan beberapa organisasi lainnya. Misalnya Organization for Economic Co-opeartion and Development (OECD) yang menaruh proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 4,9% tahun ini dan 5,4% pada 2022.

Adapun proyeksi Asian Development Bank (ADB) untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini berada di kisaran 4% hingga 4,8%. Sementara Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5% tahun ini.