Sebuah Suar Gas di Anjungan Produksi Minyak Terlihat di Samping Bendera Iran (Reuters/Raheb Homavandi)
Dunia

Impor Minyak China dari Iran Capai Puncak Tertinggi

  • Impor minyak China dari Iran mencapai rekor tertinggi karena Iran meningkatkan produksi meskipun ada ancaman sanksi AS lebih lanjut.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Impor minyak China dari Iran mencapai rekor tertinggi karena Iran meningkatkan produksi meskipun ada ancaman sanksi AS lebih lanjut.

Sanksi yang ada diterapkan atas program nuklir Iran. Anggota parlemen AS berusaha memberikan tekanan lebih lanjut setelah serangan oleh Hamas pada 7 Oktober, yang telah lama didukung oleh Iran, meskipun Teheran membantah terlibat.

Dilansir dari Reuters, Senin, 13 November 2023, anggota parlemen AS sedang mempertimbangkan undang-undang yang dapat memberlakukan tindakan pada pelabuhan dan kilang asing yang memproses minyak bumi yang diekspor dari Iran.

Berikut adalah fakta-fakta penting tentang perdagangan minyak Iran dengan China:

Berapa Banyak Minyak Iran yang Dibeli Oleh China? 

China, importir minyak mentah terbesar di dunia dan pelanggan utama Iran, membeli rata-rata 1,05 juta barel per hari (bpd) minyak Iran dalam 10 bulan pertama tahun 2023, menurut data pelacakan kapal dari Vortexa.

Ini adalah 60% di atas puncak pra-sanksi yang dicatat oleh bea cukai China pada tahun 2017. Impor melonjak tahun ini setelah Teheran menaikkan produksi dan menawarkan diskon besar.

Output Teheran pada Oktober naik tipis menjadi 3,17 juta barel per hari, sebuah survei Reuters menemukan, tertinggi sejak 2018, ketika Washington memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran, menurut survei Reuters dan angka OPEC.

Menurut data Vortexa, impor China pada Oktober dari Iran diperkirakan mencapai sekitar 1,45 juta barel per hari, level bulanan tertinggi yang pernah ada.

Bagaimana Minyak Iran Masuk Ke China?

Kecuali dua kargo pada Desember 2021 dan Januari 2022, bea cukai China belum mencatat impor langsung dari Iran sejak Desember 2020. Hampir semua minyak Iran yang masuk ke China dicap berasal dari Malaysia atau negara Timur Tengah lainnya.

Minyak tersebut dibawa oleh armada gelap kapal tanker tua yang biasanya mematikan transpondernya saat memuat di pelabuhan Iran untuk menghindari deteksi.

Taktik lain yang digunakan oleh kapal semacam itu termasuk memalsukan lokasi dan melakukan operasi ship-to-ship (STS) di lokasi di luar zona transfer resmi, dan terkadang dalam cuaca buruk untuk menyembunyikan aktivitas, menimbulkan kekhawatiran di antara negara-negara atas potensi polusi.

Kapal-kapal ini terkadang dapat dilacak melalui satelit di dekat pelabuhan di Oman, UEA, dan yang paling menonjol Malaysia, pusat pengiriman trans teratas, sebelum membuang kargo sebagian besar di pelabuhan di provinsi Shandong China, menurut Vortexa dan Kpler.

China mengatur impor minyak mentah dengan mengeluarkan kuota. Awal tahun ini ketika kuota ketat, para pedagang melabeli beberapa pengiriman minyak mentah berat Iran sebagai campuran aspal, mendorong otoritas China untuk meningkatkan inspeksi kapal tanker.

Kilang China Mana yang Membeli Minyak Mentah Iran?

Penyuling negara raksasa Sinopec dan PetroChina pernah menjadi klien utama minyak Iran, dengan investasi di ladang minyak di negara tersebut. Tetapi mereka telah berhenti mengangkat minyak Iran sejak akhir 2019, setelah Presiden AS Donald Trump memberlakukan kembali sanksi terhadap ekspor minyak Teheran.

Sanksi awalnya menyebabkan penurunan tajam dalam aliran ke China, tetapi volume telah pulih karena lebih banyak penyuling independen bergabung dalam pembelian. Menurut para pedagang China, sebagian besar dari lebih dari 40 penyuling independen China, yang dikenal sebagai teapot, mengolah minyak Iran.

Teapot memiliki sedikit paparan terhadap sistem keuangan global berbasis dolar dan tidak perlu bekerja sama dengan perusahaan barat dalam bidang teknologi. Sebagian besar transaksi diyakini dibayar dalam mata uang China.

Mengapa Kilang Independen Menyukai Minyak Iran?

Terutama karena minyaknya murah dan berkualitas baik. Iranian Light, kelas ekspor utama, diperdagangkan dengan diskon sekitar $13 per barel ke ICE Brent dengan basis pengiriman-ex-ship di Shandong untuk kedatangan bulan Desember. Itu sebanding dengan premi sekitar $5 per barel untuk minyak mentah Oman dengan kualitas serupa.

Bagaimana Sikap Beijing Terghadap Perdagangan?

China juga membeli minyak mentah dari Rusia dan Venezuela, yang juga menghadapi sanksi AS. Beijing telah lama menentang sanksi sepihak dan mengatakan perdagangan normalnya patut dihormati dan dilindungi.

Namun, kargo minyak Iran terakhir China yang tercatat secara resmi oleh bea cukai adalah pada awal 2022, yang ditujukan untuk cadangan negara.

Tindakan Penegak Hukum Apa yang Telah Diambil Pemerintah AS?

Sejak 2021, Washington telah menjatuhkan sanksi kepada lebih dari 180 individu dan entitas yang terkait dengan sektor perminyakan dan petrokimia Iran atau terkait dengan pemindahan dan pencucian hasil ilegal. Lebih dari 40 kapal diidentifikasi sebagai milik yang diblokir dari entitas yang terkena sanksi.

“Pemerintah AS juga secara rutin terlibat dengan negara-negara lain untuk melarang mereka mengambil langkah-langkah yang bertentangan dengan sanksi terhadap Iran,” kata Departemen Luar Negeri kepada Reuters pada Oktober.