Ratusan kendaraan modifikasi dari berbagai macam model dari klasik,sport,offroad dan berbagai macam lainnya ditampilkan dalam pesta modifikasi terbesar Indonesian Modification and Lifestyle Expo 2024 yang berlangsung di Hall 9-10 ICE BSD Serpong, Minggu 6 Oktober 2024. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

IMX 2024 Dorong Industri Otomotif Lokal Menembus Pasar Global

  • Indonesian Modification and Lifestyle Expo kembali digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten. Event ini menjadi ajang unjuk gigi para modifikator Indonesia di kancah internasional.

Foto

Panji Asmoro

Indonesian Modification and Lifestyle Expo kembali digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten. Event ini menjadi ajang unjuk gigi para modifikator Indonesia di kancah internasional. 

Memasuki tahun ke tujuh, Indonesian Modification and Lifestyle Expo atau IMX tahun ini mengangkat tema “Road to The World.” menampilkan mobil-mobil klasik, mobil sport dan mobil-mobil milik para publik figur tanah air. 

Event ini juga menjadi ajang unjuk gigi para modifikator Indonesia di kancah internasional. Edisi kali ini diikuti 40 brand mobil dengan target Rp7 miliar dan total target pengunjung 50 ribu. Event ini jadi peluang besar bagi industri komponen dan aftermarket Indonesia untuk bersaing di level internasional.

Industri ini mengalami pertumbuhan signifikan. Berdasarkan data dari alibaba.com, pasar komponen otomotif aftermarket diperkirakan tumbuh dari US$ 400 miliar di 2023 menjadi US$550 miliar pada 2027-2028. 

Pertumbuhan ini didorong oleh kemajuan teknologi, pertambahan usia kendaraan, dan perkembangan e-commerce.Pasar e-commerce komponen otomotif global di 2027 diperkirakan mencapai US$ 200 miliar, dengan pertumbuhan 14% dari 2023 ke 2027. Ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia