Uang_Kuno_Indonesia_Termahal_2022_5.jpg
Industri

Incaran Kolektor, Uang Koin Jadul Indonesia Ini Capai Harga Ratusan Juta

  • Koin kuno saat ini tak dapat digunakan sebagai alat tukar resmi. Selain jadul (jaman dulu), koin lawas dianggap tak memenuhi syarat untuk jadi alat tukar karena satu dan lain hal.
Industri
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Koin kuno saat ini tak dapat digunakan sebagai alat tukar resmi. Selain jadul (jaman dulu), koin lawas dianggap tak memenuhi syarat untuk jadi alat tukar karena satu dan lain hal.

Meski tak lagi bisa dijadikan alat tukar, eksistensi koin jadul masih bertahan. Bukan sebagai alat jual beli, tapi sebagai koleksi bagi para pengumpul uang kuno.

Karenanya, sejumlah nominal koin kuno punya nilai yang lebih tinggi dibanding nominalnya. Jika koin tersebut dalam keadaan yang super baik, harganya bisa mencapai ratusan juta.

Berikut daftar ung koin jadul yang dihargai hingga ratusan juta rupiah seperti dikutip TrenAsia.com dari berbagai sumber.

1. Uang Koin Rp50 Tahun 1971

Uang koin Rp50 yang dikeluarkan pada tahun 1971  menjadi salah satu uang koin jadul yang dijual dengan harga mahal.

Uang koin bergambar burung cendrawasih ini sudah tak lagi diedarkan. Di beberapa marketplace uang ini dijual dengan harga mencapai Rp100 juta per kepingnya. 

2. Uang Koin Rp500 Tahun 1992

Uang koin jadul RI berikutnya yang memiliki nilai jual tinggi adalah uang koin Rp500 keluaran tahun 1992.

Uang koin yang satu ini memiliki ciri-ciri bergambar garuda dan bunga melati dan berwarna emas. Uang koin Rp500 tahun 1992 ini dijual dengan harga beragam.

Sejumlah penjual online yang menjual uang ini dari harga puluhan hingga ratusan juta rupiah. 

3. Uang Koin Rp1.000 Bergambar Kelapa Sawit

Uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit juga masuk dalam jajaran uang jadul RI yang memiliki harga fantastis. Uang ini memiliki dua bagian yang unik.

Bagian luar berwarna perak, sedangkan bagian dalamnya berwarna kuning emas. Beberapa marketplace menjual uang koin ini dengan harga mencapai Rp100 juta.

Namun, ada juga ecommerce yang menjual uang ini hanya berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

4. Uang Koin Rp100 Tahun 1978

Uang koin  nominal Rp100 yang dikeluarkan pada 1978 jadi salah satu jenis koin kuno yang dihargai sangat fantastis.

Uang koin bergambar wayang dan rumah gadang ini sudah sangat jarang keberadaannya sehingga banyak menjadi incaran kolektor.

Tak heran, beberapa orang menawarkan koin jadul yang satu ini di lapak jual beli online dengan harga mencapai Rp100 juta.

5. Uang Koin Rp25 Tahun 1996

Koin jadul terakhir yang banyak dicari oleh para kolektor adalah uang koin Rp25 keluaran tahun 1996.

Di sejumlah marketplace, uang koin dengan gambar buah pala ini dijual dengan harga mencapai Rp100 juta per kepingnya.

Lantaran sudah tak lagi diedarkan, uang Rp25 ini menjadi uang langka yang memiliki nilai historis sehingga banyak diincar oleh para kolektor.