Ilustrasi pekerja kantoran. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Incaran Lulusan Baru, Ini 5 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi Versi Jobstreet

  • Secara rata rata, peserta program fresh graduate development program akan mendapatkan gaji rata-rata di angka Rp9 juta dalam satu bulan
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Lepas menempuh pendidikan, para lulusan baru biasanya mencari pekerjaan. 

Namun, gaji yang didapat oleh lulusan baru biasanya tak sesuai ekspektasi. Meski begitu mendapat pekerjaan dengan gaji tinggi bukanlah hal mustahil bagi para lulusan baru. 

Sebab, sejumlah perusahaan membuka kesempatan bagi lulusan baru untuk berkembang sekaligus mendapat gaji tinggi di awal karir mereka.

Berikut 5 pekerjaan untuk lulusan baru yang menjajikan gaji tinggi untuk para lulusan baru versi Jobstreet.

1. Fresh Graduate Development Program

Program pengembangan untuk para lulusan baru ini sering dicari oleh sejumlah perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional. Biasanya, mereka yang ditempatkan pada program ini dipersiapkan untuk menjadi karyawan di level middle-top.

Para lulusan baru yang mengikuti program ini akan dituntut untuk mempraktikan seluruh ilmu yang dipelajari di kuliah sembari mendapatkan bayaran. Peserta program in biasanya akan dikontrak selama 1-3 tahun sebelum akhirnya diangkat menjadi pegawai.

Secara rata rata, peserta program fresh graduate development program akan mendapatkan gaji rata-rata di angka Rp9 juta dalam satu bulan.

2. Personal Assistant Bahasa Asing

Personal assistant yang mampu menguasai banyak bahasa asing untuk berkomunikasi. Para personal assistant untuk seorang manager yang bisa berbahasa mandarin akan mendapatkan gaji sebesar Rp8 juta.

Tingginya bayaran untuk personal assintant bahasa asing disebabkan oleh kemampuan bahasa asing sangat diperlukan dalam dunia bisnis yang terpengaruhi dengan globalisasi serta kemajuan teknologi.

Maka dari itu, jangan heran jika  personal assistant bahasa asing pun menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi meski Anda hanya menyandang status fresh graduate.

3. Staff Divisi IT

IT bukan suatu hal yang mudah untuk dikerjakan, bahkan oleh para lulusan Teknik Informatika. Inilah yang kemudian membuat divisi IT memiliki penawaran salary yang cukup tinggi, bahkan untuk para fresh graduate.

Berdasarkan data Jobstreet, sejumlah perusahaan menawarkan gaji kisaran Rp8 juta.  Ini menjadikan staff divisi IT sebagai pekerjaan dengan gaji tinggi untuk para fresh graduate.

4.  Dokter

Mahasiswa lulusan kedokteran akan mendapatkan gaji yang cukup besar meskipun mereka masih terhitung fresh graduate.

Para sarjana kedokteran yang sudah menempuh kuliah selama 8 semester serta menyelesaikan program profesi akan dapat gaji kisaran Rp8 juta per bulan.

Tapi perlu dicatat, perjalanan untuk menjadi dokter ini cukup panjang. Tak hanya lulus di jurusan kedokteran, mereka harus menghadapi pengalaman sebagai co-ass dan melakukan pendidikan profesi.

Setelahnya, para dokter harus menjalankan internship sebelum akhirnya menyandang gelar sebagai dokter muda.

5. Risk Compliance Staff

Pekerjaan ini mmiliki tanggung jawab besar dalam mengatur sebuah perusahaan membuat risk compliance. Berdasarkan survey, posisi ini bakal digaji kisaran Rp8,5 juta per bulan.

Gaji tersebut seimbang dengan beban kerja yang dimiliki, sehingga para fresh graduate pun harus siap dengan segala risiko dari pekerjaan tersebut.