INDY
Korporasi

Indika Energy (INDY) Suntik Rp20 Miliar Perusahaan Distribusi Kendaraan Listrik

  • PT Indika Energy Tbk (INDY) terus konsisten untuk menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia. Baru-baru ini INDY lewat anak usahanya yaitu PT Mitra Motor Group (MMG) menyuntik Rp20 miliar PT Energi Makmur Buana melalui skema penyertaan saham.
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Indika Energy Tbk (INDY) terus konsisten untuk menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia. Baru-baru ini INDY lewat anak usahanya yaitu PT Mitra Motor Group (MMG) menyuntik Rp20 miliar PT Energi Makmur Buana melalui skema penyertaan saham.

Corporate Secretary INDY Adi Pramono mengatakan, Energi Makmur Buana adalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi kendaraan listrik roda empat.

"Penyertaan saham dilakukan dalam bentuk konversi atas pinjaman dengan nilai Rp20 miliar, yang telah diberikan MMG kepada Energi Makmur Buana berdasarkan perjanjian pinjaman yang wajib dikonversi pada tanggal 16 September 2022," kata Adi Pramono, Kamis, 20 Oktober 2022.

Adi menambahkan, setelah penyertaan saham berlaku efektif, adapun susunan pemegang saham di Energi Makmur Buana adalah MMG yang menggenggam 49% dan PT Buana Auto Sejahtera dengan porsi 51%.

Lebih lanjut, Adi menyampaikan, penyertaan saham ini merupakan langkah strategis perseroan secara grup untuk melakukan ekspansi usaha ke sektor kendaraan listrik, khususnya kendaraan listrik roda empat di Indonesia.

Sebagai informasi, INDY lewat MMG telah membentuk perusahaan patungan (joint venture) dengan Foxtec Singapore Pte Ltd pada 22 September 2022 lalu dengan nama PT Foxconn Indika Motor (FIM).

Foxtec Singapore Pte Ltd adalah afiliasi dari Hon Hai Technology Group (Foxconn). Foxconn adalah perusahaan manufaktur elektronik terbesar di dunia yang bermarkas di Taiwan